ANALISIS BUKU AL-‘ARABIYYAH BAINA YADAIK JILID I KARYA Dr. ABDURRAHMAN BIN IBRAHIM, Dr. MUKHTAR ATH-THAHIR, DAN Dr. MUHAMMAD ABDUL KHALIQ MUHAMMAD (Analisis Tinjauan Materi)

M. Riza Pahlefi, NIM: 12420028 (2016) ANALISIS BUKU AL-‘ARABIYYAH BAINA YADAIK JILID I KARYA Dr. ABDURRAHMAN BIN IBRAHIM, Dr. MUKHTAR ATH-THAHIR, DAN Dr. MUHAMMAD ABDUL KHALIQ MUHAMMAD (Analisis Tinjauan Materi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU AL-‘ARABIYYAH BAINA YADAIK JILID I KARYA Dr. ABDURRAHMAN BIN IBRAHIM, Dr. MUKHTAR ATH-THAHIR, DAN Dr. MUHAMMAD ABDUL KHALIQ MUHAMMAD (Analisis Tinjauan Materi))
12420028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU AL-‘ARABIYYAH BAINA YADAIK JILID I KARYA Dr. ABDURRAHMAN BIN IBRAHIM, Dr. MUKHTAR ATH-THAHIR, DAN Dr. MUHAMMAD ABDUL KHALIQ MUHAMMAD (Analisis Tinjauan Materi))
12420028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks bahasa Arab tersebut sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Arab ditinjau dari beberapa teori penyusunan buku ajar dan dari seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan analisis isi (Content Analysis) dalam menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku tersebut telah memenuhi kriteria buku teks bahasa Arab yang baik berdasarkan tiga asas penyusunan buku ajar bahasa Arab untuk non Arab menurut Abdullah al-Gali dan Abdul Hamid Abdullah. Dari segi materi, berdasarkan landasan keilmuan buku tersebut terdapat banyak kekurangan, salah satu diantaranya tidak terdapat sumber rujukan literatur pada akhir buku. Sedangkan berdasarkan teori Dr. Ali Al-Qasimy, buku tersebut sudah semua memenuhi materi dasar, materi pendukung, dan materi tertentu. Buku tersebut telah memenuhi seleksi yang baik karena dalam penyusunan materinya yang sesuai dengan tujuan dan tingkat kemahiran peserta didik. Gradasi yang baik, materi yang disajikan dari yang sederhana serta sering digunakan menuju sulit dan jarang digunakan, walau dalam penyajian kaidah masih menyesuaikan dan terbatas pada apa yang terdapat dalam percakapan. Presentasi yang baik dengan materi disajikan dengan menggunakan media pendukung seperti tabel, ilustrasi dan warna yang menarik dan representatif, walau menggunakan bahasa Arab secara keseluruhan sebagai bahasa pengantar. Repetisi yang baik, dengan adanya latihan produktif dan aplikatif yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Kata kunci: Analisis, buku teks, Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, MA
Uncontrolled Keywords: Analisis, buku teks, Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Oct 2016 08:20
Last Modified: 10 Oct 2016 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21929

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum