ANALISIS KONTRASTIF KALIMAT NOMINAL DALAM BAHASA ARAB DAN BAHASA INDONESIA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Muhammad Burhanudin, NIM.12420045 (2016) ANALISIS KONTRASTIF KALIMAT NOMINAL DALAM BAHASA ARAB DAN BAHASA INDONESIA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KONTRASTIF KALIMAT NOMINAL DALAM BAHASA ARAB DAN BAHASA INDONESIA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
12420045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KONTRASTIF KALIMAT NOMINAL DALAM BAHASA ARAB DAN BAHASA INDONESIA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
12420045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan kalimat nominal dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia berdasarkan analisis kontrastif dan memprediksi kesulitan-kesulitan yang akan dihadapi siswa dalam belajar bahasa Arab, khususnya tentang kalimat nominal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur. Adapun teknik pengumpulan datanya yakni menggunakan data primer dan data sekunder. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu dengan menggunakan pola pikir induktif dan deduktif. Data tersebut kemudian dianalisis dengan analisis kontrastif untuk mencari persamaan dan perbedaan antara kedua bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat aspek persamaan seperti dalam bahasa Indonesia dan bahasa Arab, kalimat nominal terdiri dari kata benda dan perbedaan dalam kalimat nominal antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia seperti dalam bahasa Arab adanya i’rab yaitu perubahan baca/ mengucapkan kata di akhirnya serta kesulitan-kesulitan yang muncul dari perbedaan-perbedaan tersebut. Penyebab kesulitan dikarenakan adanya perbedaan kedua struktur kalimat nominal baik dalam bahasa Arab maupun bahasa Indonesia serta adanya interferensi kaidah bahasa Indonesia sebagai bahasa pertama dan bahasa Arab sebagai bahasa kedua. Key word: Analisis Kontrastif, Kalimat Nominal, Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin A.,M.M
Uncontrolled Keywords: Analisis Kontrastif, Kalimat Nominal, Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Sep 2016 09:33
Last Modified: 27 Sep 2016 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21931

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum