IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016

Binti Khoirunnisak, NIM. 12420064 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016)
12420064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016)
12420064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam pembelajaran bahasa Arab. Menciptakan pendidikan yang bermutu dan berkualitas dari berbagai aspek. Pemerintah telah menetapkan kurikulum 2013 sebagai kurikulum pembelajaran yang menggantikan kurikulum sebelumnya, yang diharapkan menjadi salah satu jalan untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan saintifik, dan mengetahui kelebihan dan kelemahanpenerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Lab UIN Yogyakarta. Jenis Penelitian ini menggunakan metode analisis data yang bersifat Kualitatif deskriptif adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Lab UIN Yogyakarta telah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat ketika proses pembelajaran bahasa Arab dikelas X IPA 1 sudah sesuai dengan langkah-langkah pendekatan saintifik yaitu dengan siswa melakukan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi atau eksperimen, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. 2) Kelebihan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Lab UIN ketika dilaksanakan di kelas yang mayoritas peserta didiknya sudah mempunyai dasar bahasa Arab, maka pembelajaran akan berjalan dengan lancar dan maksimal ditambah dengan penggunaan media pembelajaran yang bermacam-macam dan sumber belajar yang memadai dapat mendukang keaktifan peserta didik. Kelemahan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Lab UIN Yogyakarta adalah bila diterapkan di kelas yang mayoritas peserta didiknya berlatar belakang berbeda-beda terkhusus peserta didik yang berasal dari SMP, hal ini membuat penerapan pendekatan saintifik terkendala karena mereka belum mempunyai dasar bahasa Arab sehingga apabila pembelajaran dipusatkan pada peserta didik maka tidak akan berjalan dengan baik dan hasil inputnya akan berbeda. Kata Kunci: Implementasi, pendekatan saintifik,pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. R. Umi Baroroh, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pendekatan saintifik,pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Nov 2016 09:29
Last Modified: 30 Nov 2016 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21935

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum