TADRIS AL QAWA'ID AL NAHWIYYAH BI KITABIY AMTHILATY WA AL NAHWI AL WADIH BI MA'HAD NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA (DIRASAH AL MUQARANAH MIN NAHIYYAH TARIQAT AL TADRIS WA NATIJATIHI)

DANA NASRUL HAMAM, NIM. 12420069 (2016) TADRIS AL QAWA'ID AL NAHWIYYAH BI KITABIY AMTHILATY WA AL NAHWI AL WADIH BI MA'HAD NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA (DIRASAH AL MUQARANAH MIN NAHIYYAH TARIQAT AL TADRIS WA NATIJATIHI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TADRIS AL QAWA'ID AL NAHWIYYAH BI KITABIY AMTHILATY WA AL NAHWI AL WADIH BI MA'HAD NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA (DIRASAH AL MUQARANAH MIN NAHIYYAH TARIQAT AL TADRIS WA NATIJATIHI))
12420069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (29MB) | Preview
[img] Text (TADRIS AL QAWA'ID AL NAHWIYYAH BI KITABIY AMTHILATY WA AL NAHWI AL WADIH BI MA'HAD NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA (DIRASAH AL MUQARANAH MIN NAHIYYAH TARIQAT AL TADRIS WA NATIJATIHI))
12420069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persamaan dan perbedaan antara metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kaidah nahwu dengan menggunakan kitab Amtsilati dan Nahwu Wadhih. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data adalah guru kitab Amtsilati dan Nahwu Wadhih, para siswa, dan waka kurikulum di madrasah diniyah Nurul Ummah. Hasil penelitian menunjukkan adanya persamaan dan perbedaan antara metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kaidah nahwu dengan menggunakan kitab Amtsilati dan Nahwu Wadhih. Persamaanya adalah kedua pembelajaran kaidah nahwu tersebut sama-sama menggunakan metode Gramatikal Tarjamah. Adapun perbedaanya adalah disamping menggunakan metode Gramatikal Tarjamah, dalam pembelajaran nahwu dengan kitab Amtsilati, guru juga menggunakan metode Qiyasi (Deduksi) dan Hapalan. Adapun metode yang digukan dalam pembelajaran nahwu dengan kitab Nahwu Wadhih disamping menggunakan metode Gramatikal Tarjamah adalah metode Istiqro’i (Induksi). Adapun hasil pembelajaran kaidah nahwu dengan menggunakan kitab Amtsilati di Ponpes Nurul Ummah Kotagede lebih baik di banding dengan menggunakan kitan Nahwu Wadhih. Nilai rata-rata yang diperoleh para siswa dalam ujian kaidah nahwu yang dipelajari menggunakan kitab Amtsilati adalah 73, sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh para siswa dalam ujian kitab kaidah nahwu yang dipelajari menggunakan Nahwu Wadhih adalah 67.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Qawaid Nahwu, Amtsilati, Al-Nahwu Al-Wadhih, Komparasi, Metode Pembelajaran, Hasil Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Oct 2016 09:01
Last Modified: 04 Oct 2016 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21937

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum