MAKNA SYAHID DALAM AL-QUR’AN (TAFSIR TEMATIK)

MUHAMMAD AHYA ANSORI, NIM. 12530070 (2016) MAKNA SYAHID DALAM AL-QUR’AN (TAFSIR TEMATIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAKNA SYAHID DALAM AL-QUR’AN (TAFSIR TEMATIK))
12530070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MAKNA SYAHID DALAM AL-QUR’AN (TAFSIR TEMATIK))
12530070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

kata ah d banyak orang memaknai sebagai orang yang meninggal setelah berjihad dijalan allah, sehingga banyak orang yang melakukan segalanya untuk dapat meraih meninggal dalam keadaan ah d dengan melakukan bom bunuh diri dan membunuh orang yang tidak bersalah yang akhir-akhir ini sering terjadi. Padahal di dalam al-Qur‟an sendiri ban ak sekali kata Syahid okus kar a ini bertujuan untuk mengulas bagaimana makna S ah d dan bagaimana konsep S ah d di dalam al-Qur-an. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah al-qur‟an dan untuk sekunder adalah kitab–kitab Tafsir. Dan untuk teori penulis menggunakan metode al-Farmawi untuk menarik konsep ah d dalam al-qur‟an. Hasil penelitian ini menunjukkan: bahwa kata Syahid didalam al-Qur‟an terdapat pada 100 ayat dengan berbagai derevasinya. Kata Syahid berasal dari akar kata syahida, yasyhadu, syahdun. secara bahasa Syahid bermakna mengetahui secara jelas baik lewat mata maupun lewat batin, sedangkan untuk periode Mekkah sendiri kata Syahid digunakan untuk saksi atas kebenaran ajaran Nabi Muhammad dan ketika periode Madinah maka kata Syahid berkembang menjadi saksi dalam hal hukum dan orang yang meninggal ketika jihad yang dinamakan Syuhada. Kata syahid ataupun s ah d mempun ai Jama" aitu syuhadun dan as h d dan s h d s uhad Di dalam al-Qur‟an sendiri penulis menemukan 9 konsep Syahid berdasarkan subjek, objek, keterangan, aktu dan makna harfiah aitu S ah d dengan subjek Allah terdapat di Q.S. Al- An"am: 19, 73. Q.S. an-Nisa: 166, Q.S. Fussilat: 53, Q.S.Yunus: 46, 29, 61. Q.S. Al-Haj: 17, Q.S. Saba: 47, Q.S. al-Buruj: 9, Q.S. al-Ahzab: 59, Q.S. az-zumar: 46, Q.S. 22, Q.S. at-Taghabun: 18, Q.S. al-Jumuah: 8, Q.S. Ali Imran: 18, 98, Q.S. Fussilat: 47, Q.S. al-Mujadilah: 6, Q.S. Isra: 96, Q.S. al-Fath: 8,(2) S ah d dengan subjek para nabi terdapat Q.S. Hud: 17, 18, 54, Q.S. an-Nisa: 41, 159 S ah d dengan subjek orang beriman terdapat di Q.S Ali Imran: 53, 64, Q.S. al- Maidah: 83, 8, Q.S. al-Furqan: 72, Q.S. al-Maa"rij: , Q S an-Nisa: 135, Q.S. al- Hadid: 19, Q.S. al-Hajj:28 S ah d dengan subjek ahli kitab terdapat di Q.S. Qaf: 37, Q.S. Ahqaf: 10, Q.S. Ali Imran: 86,70, 81, 99, S ah d dengan subjek orang munafik terdapat di Q.S. at-Taubah: 107, Q.S. Munafiqun: 1, Q.S. al- Hasyr: 11, Q.S. an-Nisa: 72, Q.S. al-Baqarah: 204, S ah d dengan subjek orang kafir terdapat pada ayat Q.S. at-Taubah : 17, S ah d dengan keterangan waktu hari kiamat terdapat pada ayat: Q.S. Hud: 103, 18, Q.S. Ghafir: 51, Q.S. az-Zumar: 69, An-Nisa: 41, an-Nahl: 84, Q.S. al-Qassas: 75, Q.S. al-Maidah: 117, Q.S. an-Nisa: 159, Q.S. Fussilat: 20-22, Q.S. az-Zukhruf: 19, Q.S. as-Saffat: 150, S ah d ang bermakna harfiah Q.S. Yusuf: 81, Q.S. an-Naml: 49, 32, Q.S. al- Anbiya: 61, Q.S al- Buruj: 7, Q.S. al-Isra: 78. S ah d yang di gunakan khusus dalam Islam (hukum dan akidah) terdapat didalam Q.S. Yusuf: 26, Q.S. an-Nisa: 15, 6, Q.S. an-Nur: 15, 8, 2, 6, 4, 13, Q.S. at-Talaq: 2, Q.S. al-Maidah: 106-108, 83, Q.S. al-Baqarah: 282, 283, 185, 23. Q.S. Ali Imran: 52, 140, Q.S. al-Kahfi: 51 dan Q.S.an-Nisa: 69

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ali Imron S.Th.I, M.S.I.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Sep 2016 02:20
Last Modified: 09 Sep 2016 02:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21948

Actions (login required)

View Item View Item