ANALISIS BUKU TEKS PENDIDIKAN BAHASA ARAB SMP/MTS MUHAMMADIYAH KELAS 9 KARYA BADRUDIN A.R.K., S.AG., M.S.I. (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN ISI, PENYAJIAN, BAHASA, DAN KEGRAFIKAN)

Ahmad Fadil, NIM. 12420103 (2016) ANALISIS BUKU TEKS PENDIDIKAN BAHASA ARAB SMP/MTS MUHAMMADIYAH KELAS 9 KARYA BADRUDIN A.R.K., S.AG., M.S.I. (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN ISI, PENYAJIAN, BAHASA, DAN KEGRAFIKAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU TEKS PENDIDIKAN BAHASA ARAB SMP/MTS MUHAMMADIYAH KELAS 9 KARYA BADRUDIN A.R.K., S.AG., M.S.I. (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN ISI, PENYAJIAN, BAHASA, DAN KEGRAFIKAN))
12420103_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU TEKS PENDIDIKAN BAHASA ARAB SMP/MTS MUHAMMADIYAH KELAS 9 KARYA BADRUDIN A.R.K., S.AG., M.S.I. (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN ISI, PENYAJIAN, BAHASA, DAN KEGRAFIKAN))
12420103_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu kelayakan buku tersebut sebagai bahan ajar pelajaran bahasa Arab untuk siswa SMP/MTs Muhammadiyah kelas 9 ditinjau dari segi kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan objek penelitian buku teks “Pendidikan Bahasa Arab SMP/MTs Muhammadiyah Kelas 9 Karya Badrudin A.R.K., S.Ag., M.S.I.”. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan terhadap sumber data baik primer maupun sekunder. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisa isi atau content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ini sudah layak sebagai bahan ajar mata pelajaran bahasa Arab bagi siswa SMP/MTs Muhammadiyah kelas 9 dan telah memenuhi kriteria standar penilaian kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan yang dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Buku ini disajikan dengan bahasa yang komunikatif dan dilengkapi dengan kegiatan-kegiatan (individu dan kelompok) beserta gambar-gambar yang cukup menarik yang mengajak siswa untuk belajar aktif dan mandiri. Akan tetapi, dari beberapa hal dalam buku tersebut masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki. Diantaranya dari segi materi/isi, materi dalam buku ini belum sesuai dengan perkembangan teknologi dan rujukan yang digunakan kurang keterkinian. Dari segi penyajian, dalam buku ini tidak terdapat petunjuk pemakaian buku. Dari segi kebahasaan, bahasa yang digunakan belum sesuai dengan tingkat perkembangan sosial emosional. Dan dari segi kegrafikan, gambar yang disajikan masih kurang kreatif dan bervariasi. Kata kunci: Analisis, Kelayakan Isi, Penyajian, Bahasa, Kegrafikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kelayakan Isi, Penyajian, Bahasa, Kegrafikan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Sep 2016 09:13
Last Modified: 28 Sep 2016 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21953

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum