PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DENGAN PENDEKATAN LABA RUGI DAN SHARI’ATE VALUE ADDED STATEMENT (SVAS) (STUDI KASUS PADA BANK RAKYAT INDONESIA SYARI’AH PERIODE 2012-2014)

NILA NAYYIROTUS SYADZA, NIM. 12391029 (2016) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DENGAN PENDEKATAN LABA RUGI DAN SHARI’ATE VALUE ADDED STATEMENT (SVAS) (STUDI KASUS PADA BANK RAKYAT INDONESIA SYARI’AH PERIODE 2012-2014). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DENGAN PENDEKATAN LABA RUGI DAN SHARI’ATE VALUE ADDED STATEMENT (SVAS) (STUDI KASUS PADA BANK RAKYAT INDONESIA SYARI’AH PERIODE 2012-2014))
12391029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DENGAN PENDEKATAN LABA RUGI DAN SHARI’ATE VALUE ADDED STATEMENT (SVAS) (STUDI KASUS PADA BANK RAKYAT INDONESIA SYARI’AH PERIODE 2012-2014))
12391029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan industri perbankan syariah terus mengalami kemajuan yang cukup pesat, sehingga membutuhkan konsep akuntansi yang dianggap lebih sesuai dengan nilai Islam. Salah satu teori akuntansi syariah yakni dengan adanya laporan shariate value added statement untuk mengukur kinerja keuangan sebagai pengganti laporan laba rugi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kinerja keuangan bank syariah dengan menggunakan pendekatan laba rugi dan shariate value added statement pada BRI Syariah periode 2012-2014 apabila diukur berdasarkan rasio profitabilitas yang terdiri dari ROA, ROE, LBAP, NPM, BOPO, dan RORA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan untuk melakukan penelitian adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan BRI Syariah dari tahun 2012-2014 yang didapat dari website BRISyariah. Alat analisis yang digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian adalah metode Independent sample t-test dengan bantuan SPSS 19.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata rasio keuangan (ROA, ROE, perbandingan laba bersih dengan aktiva produktif, NPM, BOPO, dan RORA) terdapat perbedaan yang signifikan antara pendekatan laba rugi dan shariate value added statement. Sedangkan kinerja secara keseluruhan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat probabilitas yang signifikan antara pendekatan laba rugi dan shariate value added statement. Kinerja keuangan dengan pendekatan shariate value added statement memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan dengan pendekatan laba rugi. Oleh sebab itu, ada baiknya bank syariah bersedia menerbitkan shariate value added statement sebagai tambahan laporan keuangan yang diterbitkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: H.M. Yazid Afandi, S.Ag., M.Ag. Drs. A. Yusuf Khoiruddin, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Laporan Keuangan, Laporan Laba Rugi, Shariate Value Added Statement
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Sep 2016 10:45
Last Modified: 09 Sep 2016 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21966

Actions (login required)

View Item View Item