KIAI, MONEY POLITIC DAN PRAGMATISME POLITIK DALAM PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH (Studi Kasus Pilkades Plosorejo, Kecamatan Pucakwangi, Pati. Tahun 2013)

ANAS AZWAR, NIM: 09370045 (2016) KIAI, MONEY POLITIC DAN PRAGMATISME POLITIK DALAM PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH (Studi Kasus Pilkades Plosorejo, Kecamatan Pucakwangi, Pati. Tahun 2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KIAI, MONEY POLITIC DAN PRAGMATISME POLITIK DALAM PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH (Studi Kasus Pilkades Plosorejo, Kecamatan Pucakwangi, Pati. Tahun 2013))
09370045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KIAI, MONEY POLITIC DAN PRAGMATISME POLITIK DALAM PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH (Studi Kasus Pilkades Plosorejo, Kecamatan Pucakwangi, Pati. Tahun 2013))
09370045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Money politic adalah suatu bentuk penghianatan terhadap demokrasi. Rendahnya pengawasan dan ketegasan hukum dari pihak yang berwenang menjadikan praktek money politik sering sekali kita jumpai pada setiap pemilihan umum. Dan money politic bisa menjangkiti siapa saja, bahkan kepada seseorang yang mempunyai pengaruh di masyarakat seperti kiai sekalipun. Seperti yang dilabelkan pada pilkades Plosorejo, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati tahun 2013 lalu. Sebagai pelaku money politic, tentunya kiai tersebut mempunyai segudang cara agar praktek money politic bisa berjalan sebagaimana mestinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses atau cara-cara yang dilakukan kiai dalam praktek money politic pada pilkades Plosorejo tahun 2013 lalu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diambil peneliti adalah data dari informan yaitu masyarakat Plosorejo. Sedangkan data penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi Dari hasil penelitian ini dapat ditemukan bukti bahwa tindakan money politic kiai tersebut dilakukan oleh tim sukses pada H-1 atau sehari sebelum pemilihan diselenggarakan. Tim sukses disini bukan yang mempunyai modal (uang), tetapi tim yang membantu dengan tenaganya saja. Adapun jumlah uang yang dibagikan ke warga sama dengan jumlah yang diberikan tim sukses lawan. Namun beberpa jam sebelum pemilihan dilaksanakan, tim sukses calon kandidat kiai melakukan serangan fajar dengan memberi tambahan uang ke beberapa rumah warga. Tentunya semua perbuatan itu mengandung maksud, namun tindakan selalu yang menjadi sorotan utama masyarakat ketimbang apa maksud dibalik tindakan tersebut. Kata kunci: Kiai, Money Politic, Pragmatisme Politik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: DR. AHMAD YANI ANSHORI, S.AG, M.AG.
Uncontrolled Keywords: Kiai, Money Politic, Pragmatisme Politik.
Subjects: Politik Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Oct 2016 01:17
Last Modified: 14 Oct 2016 01:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21968

Actions (login required)

View Item View Item