RESEPSI AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (STUDI PERBANDINGAN PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN ONLINE DAN PEMBELAJARAN AL- QUR’AN DI TPA (TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN) AL-MUHTADIN PERUM PURWOMARTANI BARU, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)

ARDI PUTRA, NIM. 12531166 (2016) RESEPSI AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (STUDI PERBANDINGAN PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN ONLINE DAN PEMBELAJARAN AL- QUR’AN DI TPA (TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN) AL-MUHTADIN PERUM PURWOMARTANI BARU, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESEPSI AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (STUDI PERBANDINGAN PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN ONLINE DAN PEMBELAJARAN AL- QUR’AN DI TPA (TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN) AL-MUHTADIN PERUM PURWOMARTANI BARU, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA))
12531166_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (RESEPSI AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (STUDI PERBANDINGAN PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN ONLINE DAN PEMBELAJARAN AL- QUR’AN DI TPA (TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN) AL-MUHTADIN PERUM PURWOMARTANI BARU, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA))
12531166_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Resepsi terhadap al-Qur’ān yang berkembang di tengah masyarakat sangat bermacam-macam dan tidak jarang mempengaruhi pola pikir hingga adat istiadat yang berkembang di suatu tempat dan kelompok tertentu. Termasuk juga di dalamnya mengenai praktik pembelajaran al-Qur’ān itu sendiri. Resepsi al-Qur’ān dalam pembelajaran al-Qur’ān dimanifestasikan dengan berbagai macam model yang dianggap sesuai dengan kebutuhannya. Sikap terhadap guru, sikap terhadap mushaf, hingga sikap terhadap apa yang terkandung di dalam al-Qur’ān menjadi penting untuk ditelaah lebih jauh seiring dengan menjamurnya praktik terhadap pembelajaran al-Qur’ān, baik yang berupa lembaga pembelajaran al-Qur’ān hingga pada pembelajaran yang bersifat otodidak melalui sistem online. Dengan semakin berkembangnya teknologi moderen saat ini, praktik pembelajaran dapat dilangsungkan tanpa harus bertemunya guru dan murid, inilah yang dinamakan pembelajaran secara online. Kemudian muncul pertanyaanpertanyaan mendasar terkait resepsi al-Qur’ān pada pembelajarannya yang tidak mempertemukan antara guru dan murid, tidak adanya kontak langsung dengan mushaf, hingga pada jalur sanad pengajar yang tentu dalam hal ini belum jelas. Kemudian muncul pertanyaan bagaimana sebenarnya praktik pembelajaran al- Qur’an yang ada pada TPA Al-Muhtadin dan www.AyoBelajarNgaji.com dan juga bagaimana perbandingan resepsi al-Qur’an pada praktik pembelajaran di ke dua objek kajian tersebut. Penelitian yang merupakan studi perbandingan antara salah satu situs pembelajaran al-Qur’ān online (www.AyoBelajarNgaji.com) dan juga salah satu lembaga pembelajaran al-Qur’ān pada umumnya (TPA Al-Muhtadin Perum Purwomartani, Sleman, Yogyakarta) ini menggunakan teori resepsi estetis (theory of aesthetic response) yang dicetuskan oleh Wolfgang Iser guna mengungkap resepsi al-Qur’ān yang terdapat di ke dua model pembelajaran tersebut. Dengan menggunakan teori ini maka akan memunculkan konsep implied reader yang akan diketahui setelah mengkaji tindakan tekstual (textual structure) dan tindakan terstruktur (structure acted) dari para pengguna atau muridnya. Terdapat banyak perbedaan di dalam bagaimana ke dua objek kajian ini memanifestasikan resepsi al-Qur’ān dalam praktik pembelajarannya, misalnya pada tindakan aplikatif yang bersifat subjektif berupa efisiensi waktu, tempat, hingga pentingnya seorang guru. Itulah terms yang tidak terdapat pada praktik pembelajaran al-Qur’ān online. Namun secara esensi terhadap al-Qur’an, tidak ada perbedaan yang signifikan, ini dapat dilihat berdasarkan manifestasi resepsi al-Qur’ān yang diajarkan pada ke dua model pembelajaran ini terdapat pada keyakinan yang sama, yaitu menunjukan pentingnya seorang muslim agar mampu membaca al-Qur’ān dengan baik dan benar, karena selain sebagai pedoman hidup, membaca al-Qur’ān juga dipandang sebagai suatu amalan yang bernilai ibadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Resepsi, Esensi, Manifestasi, praktik Pembelajaran Al- Qur’ān.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Sep 2016 07:51
Last Modified: 09 Sep 2016 07:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21977

Actions (login required)

View Item View Item