PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BPRS BUMI ARTHA SAMPANG

FAJRINA GILANG RINATASARI, NIM. 12391033 (2016) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BPRS BUMI ARTHA SAMPANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BPRS BUMI ARTHA SAMPANG)
12391033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BPRS BUMI ARTHA SAMPANG)
12391033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pencapaian tujuan organisasi, sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang menentukan berhasil dan tidaknya suatu organisasi untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Agar sumber daya manusia dapat mendukung tercapainya tujuan organisasi, maka organisasi harus mendayagunakan sumber daya manusia itu secara lebih efektif dan efisien dengan cenderung kearah peningkatan kinerja karyawan.Meningkatan kinerja karyawan perusahaan perlu memperhatikan gaya kepemimpinan pemimpin, karena gaya kepemimpinan dapat mempengaruhi kinerja karyawan.Selain gaya kepemimpinan, motivasi kerja yang diberikan kepada karyawan juga dapat mempengaruhi seseorang atau memberikan dorongan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu. Kinerja yang baik bisa dipastikan juga berhubungan dengan komitmen organisasi pada masing-masing individu atau karyawan. Komitmen organisasi merupakan rasa kesetiaan dan rasa memiliki oleh seseorang atau individu terhadap organisasi. Penelitian ini dilakukan di BPRS Bumi Artha Sampang Kantor Cabang Kebumen yang beralamat di Jalan Pemuda No. 30 dan di Kantor Pusat BPRS Bumi Artha Sampang yang terletak di Sampang, Cilacap, Jawa Tengah. BPRS Bumi Artha Sampang merupakan perusahaan yang terfokus melayani nasabah dibidang mikro dan kecilyang menginginkan proses mudah, pelayanan cepat dan persyaratan ringan. BPRS Bumi Artha Sampang sendiri terus menunjukkan perkembangan yang signifikan di bidang ekonomi sejak tahun 2011 dan mampu menaikkan angka penghimpunan dana dari masyarakat sebesar 40%. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang dibagi secara langsung kepada responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis dengan menggunakan teknik analisa regresi linier berganda menggunakan program SPSS 17,0. Hasil penelitian menunjukkan, gaya kepemimpinan dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi liniar berganda, dimana variabel gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan komitmen organisasi memiliki pengaruh sebesar 52,57%terhadap kinerja karyawan di BPRS Bumi Artha Sampang. Dari ketiga variabel yang dimasukkan dalam model penelitian, hanya variabel komitmen organisasi yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan di BPRS Bumi Artha Sampang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. SUNARSIH, S.E., M.SI. 2. AKHMAD YUSUF KHOIRUDDIN, S.E., M.SI.
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan., motivasi kerja, komitmen organisasi
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Sep 2016 08:50
Last Modified: 13 Sep 2016 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21983

Actions (login required)

View Item View Item