ANALISIS PERBEDAAN HARGA SAHAM DAN LIKUIDITAS SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PERISTIWA STOCK SPLIT (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2010-2015)

AHMAD SIDDIK, NIM. 12391034 (2016) ANALISIS PERBEDAAN HARGA SAHAM DAN LIKUIDITAS SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PERISTIWA STOCK SPLIT (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2010-2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERBEDAAN HARGA SAHAM DAN LIKUIDITAS SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PERISTIWA STOCK SPLIT (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2010-2015))
12391034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERBEDAAN HARGA SAHAM DAN LIKUIDITAS SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PERISTIWA STOCK SPLIT (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2010-2015))
12391034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Stock split pada dasarnya tidak memiliki nilai ekonomis apapun. Namun, signaling theory dan trade range theory menganggap aktifitas stock split dilakukan perusahaan dengan tujuan yang berdampak ekonomis. Ketidakcocokan teori dengan realita mengakibatkan problem tersendiri bagi kalangan pelaku pasar. Penelitian ini bertujuan menguji kembali perbedaan harga saham dan likuiditas saham 5 hari sebelum dan 5 hari setelah stock split. Sampel yang dipilih adalah perusahaan yang melakukan stock split tahun 2010-2015 dan terdaftar pada Daftar Efek Syariah dengan metode purposive sampling. Alat uji statistik yang digunakan uji sample paired t test. Hasil penelitian ditemukan adanya perbedaan harga saham yang diukur dengan abnormal return. Perbedaan tersebut dibuktikan dengan hasilperhitungan rata-rata abnormal return setelah stock split mengalami penurunan sebesar 0,57%. Begitu juga dengan likuiditas saham yang diukur dengan Total volume activity, hasil penelitian menemukan adanya perbedaan likuiditas saham. Perbedaan tersebut dibuktikan dengan grafik perhitungan yang menunjukan adanya penurunan rata-rata volume perdagangan disekitar peristiwa stock split.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: H.M. Yazid Affandi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: stock split, harga saham, likuiditas saham, Daftar Efek Syariah.
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Sep 2016 01:59
Last Modified: 13 Sep 2016 01:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21985

Actions (login required)

View Item View Item