STRUKTUR KEPEMILIKAN PUBLIK, RISIKO KEUANGAN, DAN MANAJEMEN LABA SERTA DAMPAKNYA PADA NILAI PERUSAHAAN

MUHAMMAD SALAHUDDIN HEKMATYAR, NIM. 12391036 (2016) STRUKTUR KEPEMILIKAN PUBLIK, RISIKO KEUANGAN, DAN MANAJEMEN LABA SERTA DAMPAKNYA PADA NILAI PERUSAHAAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRUKTUR KEPEMILIKAN PUBLIK, RISIKO KEUANGAN, DAN MANAJEMEN LABA SERTA DAMPAKNYA PADA NILAI PERUSAHAAN)
12391036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRUKTUR KEPEMILIKAN PUBLIK, RISIKO KEUANGAN, DAN MANAJEMEN LABA SERTA DAMPAKNYA PADA NILAI PERUSAHAAN)
12391036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nilai perusahaan bagi sebuah perusahaan merupakan sesuatu yang melekat kepada perusahaan tersebut. Banyak investor perusahaan menginginkan investasinya berada pada perusahaan yang memiliki nilai yang baik. Akan tetapi nilai perusahaan tersebut dapat diperoleh melalui internal perusahaan yang sebagian besar informasi tersebut berasal dari pihak manajemen. Teori keagenan berpendapat bahwa ada kemungkinan terjadinya konflik antara investor dan manajemen, dengan adanya konflik tersebut maka dimungkinkan timbulnya praktik manajemen laba. Praktik manajemen laba juga dapat berguna untuk memperbagus laporan keuangan agar mendapatkan pembiayaan bagi perusahaan dari pihak kreditur. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara struktur kepemilikan publik perusahaan, risiko keuangan perusahaan, dan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini juga menjadikan manajemen laba sebagai variabel intervening sebagai bahan untuk mempertajam analisis. Penelitian ini menggunakan data panel sebagai teknik pengumpulan data, dengan periode 2012-2014 dan objek penelitian pada Jakarta Islamic Index, dengan menggunakan teknik purposive sampling maka diperoleh 21 perusahaan sebagai sampel penelitian. Proses pengujian data menggunakan statistik deskriptif, uji regresi linear berganda, uji pemilihan model regresi linear berganda uji hipotesis, dan analisis jalur Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel struktur kepemilikan publik, DER, dan DACC, berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan pada persamaan pertama, kemudian struktur kepemilikan publik dan DER juga berpengaruh secara simultan terhadap DACC pada persamaan kedua. Secara parsial ditemukan hubungan yang tidak signifikan antara pengaruh variabel struktur kepemilikan publik, DER, dan DACC terhadap nilai perusahaan, dan pengaruh variabel struktur kepemilikan publik terhadap manajemen laba. Variabel yang memiliki pengaruh yang negatif signifikan adalah variabel DER terhadap DACC. Hasil pengujian dari analisis jalur juga menemukan bahwa DACC tidak mampu memediasi variabel struktur kepemilikan publik dan DER.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibnu Qizam, S.E, M.Si, Ak, CA
Uncontrolled Keywords: Nilai perusahaan bagi sebuah perusahaan merupakan sesuatu yang melekat kepada perusahaan tersebut. Banyak investor perusahaan menginginkan investasinya berada pada perusahaan yang memiliki nilai yang baik. Akan tetapi nilai perusahaan tersebut dapat diperoleh melalui internal perusahaan yang sebagian besar informasi tersebut berasal dari pihak manajemen. Teori keagenan berpendapat bahwa ada kemungkinan terjadinya konflik antara investor dan manajemen, dengan adanya konflik tersebut maka dimungkinkan timbulnya praktik manajemen laba. Praktik manajemen laba juga dapat berguna untuk memperbagus laporan keuangan agar mendapatkan pembiayaan bagi perusahaan dari pihak kreditur. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara struktur kepemilikan publik perusahaan, risiko keuangan perusahaan, dan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini juga menjadikan manajemen laba sebagai variabel intervening sebagai bahan untuk mempertajam analisis. Penelitian ini menggunakan data panel sebagai teknik pengumpulan data, dengan periode 2012-2014 dan objek penelitian pada Jakarta Islamic Index, dengan menggunakan teknik purposive sampling maka diperoleh 21 perusahaan sebagai sampel penelitian. Proses pengujian data menggunakan statistik deskriptif, uji regresi linear berganda, uji pemilihan model regresi linear berganda uji hipotesis, dan analisis jalur Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel struktur kepemilikan publik, DER, dan DACC, berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan pada persamaan pertama, kemudian struktur kepemilikan publik dan DER juga berpengaruh secara simultan terhadap DACC pada persamaan kedua. Secara parsial ditemukan hubungan yang tidak signifikan antara pengaruh variabel struktur kepemilikan publik, DER, dan DACC terhadap nilai perusahaan, dan pengaruh variabel struktur kepemilikan publik terhadap manajemen laba. Variabel yang memiliki pengaruh yang negatif signifikan adalah variabel DER terhadap DACC. Hasil pengujian dari analisis jalur juga menemukan bahwa DACC tidak mampu memediasi variabel struktur kepemilikan publik dan DER.
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Sep 2016 09:19
Last Modified: 13 Sep 2016 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21986

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum