POTRET SINGLE DAD DALAM KELUARGA (STUDI LIMA KELUARGA DI DESA TAMANMARTANI, KECAMATAN KALASAN, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA)

IMAM BUDIYONO, NIM. 11720023 (2016) POTRET SINGLE DAD DALAM KELUARGA (STUDI LIMA KELUARGA DI DESA TAMANMARTANI, KECAMATAN KALASAN, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POTRET SINGLE DAD DALAM KELUARGA (STUDI LIMA KELUARGA DI DESA TAMANMARTANI, KECAMATAN KALASAN, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA))
11720023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (POTRET SINGLE DAD DALAM KELUARGA (STUDI LIMA KELUARGA DI DESA TAMANMARTANI, KECAMATAN KALASAN, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA))
11720023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (790kB)

Abstract

Keterlibatan laki – laki dalam urusan domestik di Desa Tamanmatani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta masih minim. Hal ini berdampak pada ketimpangan peran dalam keluarga ketika salah satu peran mengalami disfungsi peran. Pandangan masyarakat tentang pembagian dua sektor peran dalam keluarga memberikan dampak kepada pemikiran masyarakat bahwa biologis manusia seolah dipetakan. Laki – laki dengan publiksitasnya dan perempuan dengan segala bentuk pekerjaan domestiknya. Mindset atau cara berfikir seperti ini memberikan dampak kepada seseorang tentang peran ketika salah satu individu tidak bisa menjalankan peran pada sektornya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang pemaknaan status single dad serta peran domestik maupun publik dari lima keluarga di Desa Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Interaksionisme Simbolik Herbert Blummer. Penelitian ini dilakukan di Desa Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dengan menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, dan wawancara mendalam. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mereduksi atau menyeleksi data wawancara, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pemaknaan status dan peran yang dilakukan single dad memberikan hasil positif. Hasil tersebut berupa perubahan yang terjadi dari dalam diri single dad. Single dad lebih membuka pikiran bahwa peran dalam keluarga tidak ada klasifikasi khusus, karena laki – laki dan perempuan adalah setara tanpa ada batasan khusus. Perubahan ini terjadi karena adanya proses keterlibatan single dad dengan menggunakan pola interaksi dan tindakan untuk mencapai perubahan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Astri Hanjarwati
Uncontrolled Keywords: Single Dad, Peran Single Dad, Perubahan
Subjects: Sosiologi
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Sep 2016 06:58
Last Modified: 16 Sep 2016 06:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22006

Actions (login required)

View Item View Item