RELASI SOSIAL SESAMA ANAK GADGETER MUSLIM (STUDI KASUS DUSUN SANGGRAHAN, BANJARHARJO, KALIBAWANG, KULON PROGO, YOGYAKARTA)

RIZKA UMAMI, NIM. 12540016 (2016) RELASI SOSIAL SESAMA ANAK GADGETER MUSLIM (STUDI KASUS DUSUN SANGGRAHAN, BANJARHARJO, KALIBAWANG, KULON PROGO, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
12540016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (RELASI SOSIAL SESAMA ANAK GADGETER MUSLIM (STUDI KASUS DUSUN SANGGRAHAN, BANJARHARJO, KALIBAWANG, KULON PROGO, YOGYAKARTA))
12540016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (724kB)

Abstract

Pengaruh globalisasi dan perkembangan dunia teknologi pada saat ini membuat manusia berbondong-bondong untuk menjadi salah satu bagian dalam perkembangan tersebut, banyak di antara kita mengikuti perkembangan teknologi gadget terlebih khusus. Tujuan utama dari penemuan gadget adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam berkomunikasi serta menikmati hiburan yang di suguhkan oleh produk modern tersebut. Saat ini gadget tidak hanya di miliki oleh orang dewasa atau orang tua saja melainkan anak-anak juga sudah mulai memiliki dan mahir dalam menggunakan, seperti yang terjadi di Dusun Sanggrahan, Banjarharjo, Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta. Dengan adanya tantangan zaman untuk lebih banyak menggunakan gadget di kehidupan seharihari maka ada efek baik dan buruk yang timbul sehingga berpengaruh terhadap tindakan sosial serta perilaku sosial diantara anak-anak pemakai gadget dengan sesamanya maupun dengan anak-anak non-gadgeter. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut pandang atau perspektif partisipan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam mengumpulkan data di Dusun Sanggrahan, Banjarharjo, Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta. Subyek dari penelitian ini adalah Anak Gadgeter, Anak Non-Gadgeter, Orang Tua Gadgeter dan Orang Tua Non-gadgeter. Sedangkan Teori yang peneliti gunakan untuk membedah permasalahan ini ialah memakai konsep dasar Tindakan Sosial dari Max Weber yang mempunyai pandangan tentang cara komunikasi dan hubungan sosial masyarakat. Penelitian ini menggunakan perspektif Sosiologi. Hasil dari penelitian ini adalah kondisi anak gadgeter dan anak nongadgeter dalam hubungan sosial sehari-hari serta bentuk tindakan sosial antara anak gadgeter dan anak non-gadgeter di Dusun Sanggrahan yang sudah mulai renggang sejak maraknya penggunaan gadget . Selain itu peran orang tua dalam memberikan pengarahan dan pembelajaran tentang gadget untuk anak-anak mereka agar mampu memanfaatkan dengan baik dan tidak meninggalkan kewajiban dari anak-anak tersebut seperti belajar, mengaji, membantu orang tua, mengasah kemampuannya dengan perilaku yang baik menurut sosial dan bersahaja dengan teman-temannya. Orang tua juga wajib mengantarkan anak ke dalam kehidupan sosial yang baik agar anak tidak terjebak dalam pribadi anti sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra.Hj.Nafilah Abdullah, M.Ag
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Sep 2016 12:59
Last Modified: 20 Sep 2016 12:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22023

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum