UNIVERSALISME ISLAM DALAM MASYARAKAT PLURAL MENURUT M. AMIN ABDDULLAH (UPAYA MEMBANGUN STUDI SOSIOLOGI AGAMA KONTEMPORER DI INDONESIA)

JUPARNO HATTA, NIM. 12540039 (2016) UNIVERSALISME ISLAM DALAM MASYARAKAT PLURAL MENURUT M. AMIN ABDDULLAH (UPAYA MEMBANGUN STUDI SOSIOLOGI AGAMA KONTEMPORER DI INDONESIA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UNIVERSALISME ISLAM DALAM MASYARAKAT PLURAL MENURUT M. AMIN ABDDULLAH (UPAYA MEMBANGUN STUDI SOSIOLOGI AGAMA KONTEMPORER DI INDONESIA))
12540039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UNIVERSALISME ISLAM DALAM MASYARAKAT PLURAL MENURUT M. AMIN ABDDULLAH (UPAYA MEMBANGUN STUDI SOSIOLOGI AGAMA KONTEMPORER DI INDONESIA))
12540039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam dunia kontemporer, tidak hanya agama Islam yang ada di dunia ini sebagai living religions. Selain itu, implikasi dari kemjauan teknologi dan informatika, menghapus sekat-sekat, seperti etnis, suku, ras, sosial, ekonomi dan agama. Hal ini menggambarkan pluralisme agama dan kebudayaan. Dalam aktivitas sehari-hari, kita akan sering bertemu orang lain (The Other). Pada sisi lain, sebagian sikap dan perilaku umat muslim yang eksklusif, terjebak pada tindakan kekerasan. Tentu ini berseberangan dengan bentuk dunia yang plural. Dengan demikian, dibutuhkan bentuk pegangan keprihatinan yang sama dan atau bentuk titik temu. Fokus pembahasan skripsi ini ada dual hal, yaitu bagaimana Universalisme Islam Menurut M. Amin Abdullah, dan yang kedua bagaimana relevensi pemikiran Amin Abdullah dalam membangun Sosiologi Agama Kontemporer. Penelitian ini adalah kajian pustaka, mengggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi, melalui tulisan dan karya dari M. Amin Abdullah. Penulis menggunakan teori universalisme Islam. Menurut Amin Abdullah, universalisme Islam merupakan nilai-nilai yang ada dalam agama, seperti kemanusian, keadilan, kebaikan, kebersihan, kejujuran, dan seterusnya. Nilai nilai universal berimplikasi pada munculnya kesadaran inklusif yang berorientasi pada nilai-nilai universal yang berpijak pada pengakuan & penghargaan, penghormatan dan tenggang rasa terhadap segala perbedaan dan keberagaman sebagai suatu keniscayaan dunia. Dalam relevensinya membangun sosiologi agama kontemporer, konsep universalisme berkontribusi dalam meneliti dan menjelaskan issue umum kontemporer. Sosiologi agama harus membuka diri terhadap persoalan gender, bullying, pluralisme agama, dan pemberdayaan atau pendampingan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Munawar Ahmad S.S M.Si
Uncontrolled Keywords: Universalisme Islam dan Sosiologi agama
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Sep 2016 11:19
Last Modified: 21 Sep 2016 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22032

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum