PERILAKU KOMUNITAS MAHASISWA PENERIMA DANA BEASISWA MISKIN FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ( STUDI KASUS ATAS KETIDAKSESUAIAN IDENTITAS PENERIMA BEASISWA)

IQLIMA FADLIYAH AFIANI, NIM.12540047 (2016) PERILAKU KOMUNITAS MAHASISWA PENERIMA DANA BEASISWA MISKIN FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ( STUDI KASUS ATAS KETIDAKSESUAIAN IDENTITAS PENERIMA BEASISWA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU KOMUNITAS MAHASISWA PENERIMA DANA BEASISWA MISKIN FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ( STUDI KASUS ATAS KETIDAKSESUAIAN IDENTITAS PENERIMA BEASISWA))
12540047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU KOMUNITAS MAHASISWA PENERIMA DANA BEASISWA MISKIN FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ( STUDI KASUS ATAS KETIDAKSESUAIAN IDENTITAS PENERIMA BEASISWA))
12540047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (654kB)

Abstract

Pendidikan merupakan kunci bagi kemajuan bangsa. Upaya untuk dapat melaksanakan proses pendidikan dibutuhkan dana yang digunakan untuk mempelancar tercapainya tujuan pendidikan. Banyaknya masyarakat miskin yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke tingkat Perguruan Tinggi dengan alasan terkendala oleh biaya pendidikan. dengan adanya bantuan yang berbentuk beasiswa yang di berikan oleh Pemerintah untuk mahasiswa yang keluarganya dalam kondisi tidak mampu dalam ekonomi, agar dapat terbantu dalam biaya pendidikan agar dapat melanjutkan pendidikannya setinggi mungkin. Namun sayangnya, bantuan pendidikan yang ada saat ini seringkali disalahgunakan, tak terkecuali bantuan pendidikan berupa beasiswa miskin. beasiswa miskin yang seharusnya diperuntutkan bagi mahasiswa yang berprestasi dan berasal dari kalangan miskin, yang realitasnya juga diterima oleh mahasiswa yang notabene dalam kategori keluarga mampu atau berkecukupan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan tentang pengaplikasian dana beasiswa miskin yang dilakukan oleh mahasiswa dari kalangan keluarga yang mampu sehingga mereka memutuskan untuk dapat mengikuti seleksi penerimaan beasiswa miskin, hingga mahasiswa mengkonstruksi sikap mereka setelah menjadi mahasiswa penerima dana beasiswa terhadap lingkungan disekitar mereka. Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Lapangan yang dijadikan tempat penelitian adalah lokasi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Data atau sumber yang digunakan adalah hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dari berbagai pihak. Teknik pengolahan data secara kualitatif, memperhatikan dan mencermati secara mendalam yang kemudian akan dilakukan penjelasan. pembahasan masalah ini menggunakan teori Konstruksi Sosial milik Petter L. Berger dan Luckman. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tentang pengaplikasian dana beasiswa yang dilakukan oleh mahasiswa penerima dana beasiswa miskin antara mahasiswa dari kalangan keluarga yang tidak mampu dan mahasiswa yang mampu dalam mempergunakan dana beasiswa tersebut. Banyak motif yang melatar belakangi mahasiswa untuk mengajukan beasiswa miskin walaupun mahasiswa tersebut termasuk dalam mahasiswa yang mampu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Nafilah Abdullah, M.Ag,
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Sep 2016 14:14
Last Modified: 21 Sep 2016 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22033

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum