IMPLIKASI TREND BUSANA MUSLIMAH DAN PERILAKU SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA SKRIPSI

SELVI JUNIARTI, NIM. 12540048 (2016) IMPLIKASI TREND BUSANA MUSLIMAH DAN PERILAKU SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI TREND BUSANA MUSLIMAH DAN PERILAKU SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA SKRIPSI)
12540048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text
12540048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fashion busana muslimah yang digunakan oleh wanita muslimah di Indonesia mengalami perkembangan sesuai dengan arus modernisasi. Berbagai macam model busana muslimah dapat diakses melalui kecanggihan teknologi. Hal tersebut membawa perubahan pada perilaku pengguna busana muslimah. Mahasiswi yang ada di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dibingkai dengan keilmuan agama lebih kental dari Fakultas lain yang ada di UIN Sunan Kalijaga juga merasakan kemajuan trend mode busana muslimah yang up to date dan perubahan perilaku mahasiswinya ketika menggunakan busana muslimah. Fokus pembahasan skripsi ini terkait dua hal, yaitu: yang pertama, implikasi trend busana muslimah pada perilaku sosial di kalangan mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan yang kedua, pergeseran perilaku sosial mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pada perilaku sosial mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam beserta trend busana yang ada di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Data penelitian ditempuh melalui metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam pengambilan data informan, peneliti menggunakan teknik sampling insidental. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa trend busana muslimah yang digunakan oleh mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam terdiri dari empat macam busana muslimah yakni, busana muslimah tunik tingkah laku lebih fleksibel artinya menyesuaikan tempat yang didatanginya, busana muslimah gamis menonjolkan sifat feminim mahasiswi yang menggunakannya, busana muslimah syar’i tingkah lakunya lebih anggun dan kalem, dan busana muslimah kasual tingkah laku mahasiswi lebih santai. Adapun motivasi penggunaan busana muslimah mahasiswi disebabkan oleh lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan, dan kemauan diri sendiri atas dasar kesadaran Agama dan memberikan dampak psikologis, sosiologis, dan agamis. Kategori yang ditinjau menggunakan pemikiran Max Weber tentang tindakan rasionalitas berorientasikan nilai yang dikemukakan oleh informan bahwa menggunakan busana muslimah karena keluarga yang agamis, paksaan orang tua, dan kemauan diri sendiri. Tindakan rasionalitas yang berorientasikan tujuan yakni berbusana muslimah disebabkan nyaman menggunakannya, lebih percaya diri, lebih sopan, dan lebih muslimah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag M.Pd. M.A.,
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Sep 2016 14:21
Last Modified: 21 Sep 2016 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22034

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum