PERGESERAN MOTIF SOSIAL PENGGUNAAN JILBAB PADA KALANGAN MAHASISWI JURUSAN MATEMATIKA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

MEHRUN MAHARANI DEWI, NIM. 12540087 (2016) PERGESERAN MOTIF SOSIAL PENGGUNAAN JILBAB PADA KALANGAN MAHASISWI JURUSAN MATEMATIKA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERGESERAN MOTIF SOSIAL PENGGUNAAN JILBAB PADA KALANGAN MAHASISWI JURUSAN MATEMATIKA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA)
12540087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERGESERAN MOTIF SOSIAL PENGGUNAAN JILBAB PADA KALANGAN MAHASISWI JURUSAN MATEMATIKA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA)
12540087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Jilbab dipahami oleh sebagian masyarakat muslim sebagai salah satu pakaian wanita muslimah yang berfungsi sebagai penutup aurat, dan merupakan sebuah kewajiban. Akan tetapi terdapat berbagai pendapat mengenai batas aurat, pengertian jilbab, dan bentuk jilbab dikalangan mufassir maupun ahli hukum Islam. Skripsi ini ditujukan untuk menggali motif ataupun hal-hal yang dapat melatarbelakangi seseorang berjilbab. Berjilbab bagi beberapa mahasisiwi berada dalam sebuah proses dan melalui perjalanan waktu, yang juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial yang membentuknya. Motif penggunaan jilbab mengalami pergeseran, dan merambah ke ranah civitas akademia, salah satunya pada mahasiswi di Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Sunan Kalijaga) dan Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan sumbernya, data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Obyek penelitian ini adalah mahasiswi Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Sunan Kalijaga) dan Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Teori dalam skripsi ini menggunakan teori tindakan sosial milik Max Weber. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa motif penggunaan jilbab di lingkungan Jurusan Matematika UIN Sunan Kalijaga dan Jurusan Matematika UAD, merupakan bagian dari cara berpakaian yang bernuansa agama, yang direalisasikan dalam beragam bentuk dan model ataupun cara berjilbab. Dalam hal ini, jilbab melekatkan fungsi pakaian, yaitu sebagai penutup atau pelindung tubuh, serta memiliki fungsi untuk mempercantik diri dan simbol identitas muslim. Dengan demikian, meski jilbab sebagai bentuk tindakan sosial dan juga telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari di kalangan mahasiswi jurusan Matematika UIN dan UAD, namun penggunaannya didasarkan pada terjadinya kontrol sosial yang ada di Universitas. Hal ini sejalan dengan hubungan tipe rasionalitas, motif dan tujuan dalam penggunaan jilbab pada mahasiswi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Maroer S.Ag M.Si.
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Sep 2016 09:06
Last Modified: 22 Sep 2016 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22042

Actions (login required)

View Item View Item