RELASI SOSIAL DAN KONSEP DIRI ANAK-ANAK PANTI ASUHAN NURUL YASMIN

SRI MUJIARTI, NIM. 12540089 (2016) RELASI SOSIAL DAN KONSEP DIRI ANAK-ANAK PANTI ASUHAN NURUL YASMIN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELASI SOSIAL DAN KONSEP DIRI ANAK-ANAK PANTI ASUHAN NURUL YASMIN)
12540089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (RELASI SOSIAL DAN KONSEP DIRI ANAK-ANAK PANTI ASUHAN NURUL YASMIN)
12540089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam hidup manusia selalu mengalami relasi sosial dengan lingkungannya. Relasi sosial yang telah berlangsung lama akan menimbulkan dampak pada diri individu baik positif maupun negatif. Positifnya individu mampu merubah prilaku seseorang menjadi baik dan mempererat hubungan antar manusia. dari segi negatifnya bisa merubah prilaku seseorang menjadi buruk seperti melakukan hal-hal yang menyimpang yang merusak diri mereka sendiri. Di Indonesia akhir-akhir ini banyak ditemui perilaku penyimpangan sosial dan kasus-kasus anak lainnya terutama di kalangan remaja. Faktor dari penyebab perilaku tersebut pada dasarnya timbul karena kurangnya perhatian dari pihak keluarga, pengaruh media massa atau teman-teman sebaya. Fenomena seperti ini menarik untuk di kaji. Berdasarkan realitas tersebut penulis merumuskan dua persoalan bagaimana relasi sosial yang ada di Panti Asuhan Nurul Yasmin dengan lingkunganya dan bagaimana dampak relasi sosial terhadap konsep diri anak Panti Asuhan Nurul Yasmin. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sosial, analisis deskriptif, setelah semua data terkumpul penulis menganalisis relasi sosial dan konsep diri anak Panti Asuhan Nurul Yasmin yang di kemukakan oleh Fuller dan Jacobs untuk mengeksplorasi relasi sosial dan dampak relasi dan untuk teori keduanya menggunakan teori kepribadian menurut Elizabet B. Hurlock untuk melihat konsep diri anak-anak Panti Asuhan Nurul Yasmin. Hasil penelitian menujukan bahwa anak-anak Panti Asuhan Nurul Yasmin mempunyai relasi sosial yang terdiri dari keluarga, teman sebaya, sekolah dan media massa. Dari hasil relasi sosial anak-anak Panti Asuhan Nurul Yasmin ini menimbulkan dampak-dampak relasi sosial diantarnya a) keluarga, anak panti mempunyai rasa percaya diri yang tinggi melalui motivasi secara rutin, terbentuk sikap dan prilaku yang bekerja keras, semangat, disiplin, terdidik dan memiliki pengatahuan tentang agama yang baik sehingga bisa menjadi pedoman hidup agar tidak terjerumus hal-hal yang menyimpang. b) sekolah selain sebagi rumah kedua sekolah juga membentuk kepribadian sesuai dengan tujuan sekolah tersebut. c) Teman sebaya mempunyai peran penting terhadap anak-anak panti karena dengan keberadaan mereka anak panti merasa diterima, merasa mempunyai keluarga baru dan memberikan semangat.d) dalam media massa memiliki dampak positif dan negatif dampak positif media jejaring dapat di manfaatkan untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang lokasinya jauh selain itu bisa mengatahui beritaberita baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dampak negatifnya merasa ketergantungan dan akan sedikit bersosialisasi. Dari dampak tersebut kemudian mempengaruhi konsep diri anak Panti Asuhan Nurul Yasmin. Enam anak memiliki konsep diri yang positif yang ditunjukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RR Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag.,M.Pd.,M.A.
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Relasi Sosial dan Anak-Anak Panti Asuhan Nurul Yasmin.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Sep 2016 09:13
Last Modified: 22 Sep 2016 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22043

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum