DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

BIDAYATUL MUNAWWAROH, NIM. 10250070 (2016) DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)
10250070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)
10250070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (754kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah salah satu anak berkebutuhan khusus yang harus mendapatkan perhatian terutama dari orang tuanya adalah tungrahita, karena banyak anak tunagrahita yang dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Orang tua harus memberikan pengasuhan yang terbaik untuk menunjang perkembangan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bentuk pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial anak tunagrahita dan juga dampak dari pola asuh tersebut di SLB Negeri Pembina Yogyakarta Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu hanya semata-mata melukiskan keadaan objek atau peristiwa peristiwa tanpa suatu maksud mengambil kesimpulan-kesimpulan yang berlaku secara umum. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan seperti dilingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal, dengan mengambi latar SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Adapun subyek utama adalah orang tua anak tunagrahita yang selama ini mengasuh dan memberikan bimbingan. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa orang tua memberikan pengasuhan yang baik kepada anaknya hal itu ditunjukkan dengan adanya rasa cinta, nyaman dan perhatian yang diberikan dari orang tua terhadap sang anak. Masing-masing orang tua mempunyai standar pengasuhan sesuai dengan pengalaman dan latar belakang pendidikan yang dimiliki. Pola asuh yang diterapkan 3 keluarga berbeda-beda diantara keluarga JA demokratis otoriter, keluarga AR demokratis, keluarga MA permisif. Dari pola asuh tersebut masing masing anak mempunyai dampak perkembangan sosial seperti FPA sedikit jail, rasa percaya diri yang tinggi, tidak sadar dengan kekurangan dirinya, terkadang memaksakan keinginannya, kurang bisa bergaul dengan temannya dengan segala keterbatasan kemampuannya. SCC mempunyai dampak di sekolah yaitu percaya diri, paham betul akan kekurangannya sendiri, mampu berkomunikasi dengan baik, saat sedang bermain dengan temannya ia cenderung memilih melihat dari pada mengikuti temannya bermain. TPl mempunyai dampak sangat aktif di kelas, seringkali memaksakan kehendak, mampu berinteraksi dengan orang dibawah maupun diatas usianya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Solechah, S.Sos.I., M.Si NIP. 198305192009122002
Uncontrolled Keywords: Dampak Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Sosial, Anak Tunagrahita
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Sep 2016 09:41
Last Modified: 23 Sep 2016 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22054

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum