ADVOKASI TERHADAP DIFABEL KORBAN KEKERASAN SEKSUAL STUDI KASUS DI SASANA INTEGRASI DAN ADVOKASI DIFABEL (SIGAB) SKRIPSI

RATRI AYU MAULIDINA, NIM. 12250019 (2016) ADVOKASI TERHADAP DIFABEL KORBAN KEKERASAN SEKSUAL STUDI KASUS DI SASANA INTEGRASI DAN ADVOKASI DIFABEL (SIGAB) SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ADVOKASI TERHADAP DIFABEL KORBAN KEKERASAN SEKSUAL STUDI KASUS DI SASANA INTEGRASI DAN ADVOKASI DIFABEL (SIGAB) SKRIPSI)
12250019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ADVOKASI TERHADAP DIFABEL KORBAN KEKERASAN SEKSUAL STUDI KASUS DI SASANA INTEGRASI DAN ADVOKASI DIFABEL (SIGAB) SKRIPSI)
12250019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (815kB)

Abstract

Banyaknya kasus kekerasan seksual yang menimpa difabel dan lemahnya penegakan hukum oleh aparat penegak hukum yang menyebabkan banyak kasus kekerasan seksual tidak mendapat keadilan yang seharusnya. Dalam masing-masing proses untuk mencapai keadilan yang diharapkan oleh difabel yang menjadi korban kekerasan seksual diperlukan adanya pendampingan. SIGAB adalah lembaga independent yang melakukan pendampingan terhadap difabel dalam upaya mencapai keadilan. Penelitian ini berdasarkan pada rumusan masalah mengenai, Bagaimana advokasi yang dilakukan SIGAB dalam kasus kekerasan seksual terhadap difabel dan apa hambatan SIGAB dalam kasus kekerasan seksual terhadap difabel. Dalam menjawab rumusan masalah peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, didapatkan data bahwa SIGAB melakukan pendampingan terhadap korban kekerasan seksual. Bentuk-bentuk pendampingan yang dilakukan SIGAB adalah pendampingan sosial, pendampingan kesehatan, pendampingan ekonomi dan pendampingan hukum. Di dalam melakukan pendampingan hukum SIGAB melakukan tiga tahap, tahap penyidikan, tahap penuntutan dan tahap persidangan. Hal ini dilakukan agar korban mendapatkan keadilan. Dalam melakukan advokasi ada beberapa hambatan yang dialami oleh SIGAB, seperti keluarga korban yang tidak mau melanjutkan ke proses hukum karena menganggap kasus yang terjadi adalah aib dan masih lemahnya prespektif aparat penegak hukum dalam menghadapi kasus kekerasan seksual yang menimpa perempuan difabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Andayani, S.IP, MSW NIP 19721016 199903 2 008
Uncontrolled Keywords: Advokasi, Difabel, SIGAB
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Sep 2016 14:48
Last Modified: 23 Sep 2016 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22059

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum