PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PLAY GROUP AISYIYAH NUR 'AINI YOGYAKARTA (Telaah Psikolinguistik)

TSANIA HUSNA DZAKIYYAH NIM.04420898, (2009) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PLAY GROUP AISYIYAH NUR 'AINI YOGYAKARTA (Telaah Psikolinguistik). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab di Play Group 'Aisyiyah Nur 'Aini Yogyakarta dan bagaimana upaya guru membangkitkan motivasi anak belajar bahasa Arab, dengan hasil penelitian diharapkan dapat menjadi referensi pemikiran di dunia pendidikan khususnya pembelajaran bahasa Arab bagi anak usia dini, wa bil khusus Play Group 'Aisyiyah Nur 'Aini Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, melalui pendekatan psikolinguistik sebagai alat analisis studi kasus, dengan metode pengumpulan data metode triangulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik, yaitu memberikan deskripsi dan analisa terhadap objek penelitian, dari data yang berhasil dikumpulkan, untuk kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Proses pembelajaran bahasa Arab di Play Group 'Aisyiyah Nur 'Aini Yogyakarta sebagian besar telah sesuai dengan prinsip psikolinguistik. Diawali dengan materi mufrodat, termasuk materi tingkat dasar dalam pembelajaran bahasa Arab. Melalui metode bernyanyi dan demonstrasi, guru mampu menciptakan suasana humanis sehingga anak-anak berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Untuk menanggulangi kesulitan mengucap fonem Arab, guru menyelenggarakan private membaca iqra'. (2) Adapun upaya guru dalam membangkitkan motivasi anak belajar bahasa Arab adalah, menerapkan bermain sambil belajar, menyelenggarakan kompetisi secara individu maupun kelompok, memberi hadiah berupa pujian, memilih bahan ajar yang menarik, guru berkepribadian menarik, memberi peringatan untuk menegur ataupun mencegah anak bertindak yang membahayakan fisik dan moral, dan membacakan cerita untuk memotivasi anak membaca buku ketika ia telah mampu membaca buku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Nazri Syakur, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bahasa Arab, Play Group, Telaah Psikolinguistik
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2206

Actions (login required)

View Item View Item