PENYEBAB UTAMA KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN (STUDI KASUS DI RIFKA ANNISA WOMEN’S CRISIS CENTER YOGYAKARTA) TAHUN 2015

MUHAMMAD RIFA’AT ADIAKARTI FARID, NIM. 12250035 (2016) PENYEBAB UTAMA KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN (STUDI KASUS DI RIFKA ANNISA WOMEN’S CRISIS CENTER YOGYAKARTA) TAHUN 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYEBAB UTAMA KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN (STUDI KASUS DI RIFKA ANNISA WOMEN’S CRISIS CENTER YOGYAKARTA) TAHUN 2015)
12250035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENYEBAB UTAMA KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN (STUDI KASUS DI RIFKA ANNISA WOMEN’S CRISIS CENTER YOGYAKARTA) TAHUN 2015)
12250035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Rifa’at Adiakarti Farid 1250035. Skripsi: Penyebab Utama Kekerasan Terhadap Perempuan (Studi Kasus di Rifka Annisa Woman’s Crisis Center Tahun 2015) Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kekerasan dan tindak pelecehan seksual terhadap perempuan merupakan momok mengerikan, dapat terjadi oleh siapapun dan dimanapun yang erat kaitannya dengan kesehatan dan hak asasi manusia. Tindakan kekerasan sering digunakan sebagai cara untuk mempertahankan dan memaksakan subordinasi perempuan terhadap laki-laki. Oleh karena itu, berbagai kasus kekerasan terhadap perempuan yang terjadi di Yogyakarta selama tahun 2015 merupakan fakta yang memprihatinkan. Terjadi peningkatan angka dari tahun 2014 berjumlah 254 kasus kekerasan, menjadi 264, dengan kasus kekerasan terhadap istri lebih mendominasi sejumlah 231 kasus. Penelitian ini membahas tentang penyebab kekerasan terhadap perempuan di Yogyakarta yang ditangani oleh Rifka Annisa. Teknik studi kasus kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan langkah-langkah analisa data sebagai berikut: (1) Pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara dan dokumentasi, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Kesimpulan Hasil penelitian yang dilakukan penulis di Rifka Annisa ini dapat disimpulkan bahwa ada faktor tunggal penyebab kekerasan terhadap perempuan, yaitu karena faktor sosial budaya. Hal yang demikian tidak lepas dari rendahnya pola pikir masyarakat tentang persamaan derajat laki-laki maupun perempuan yang terjalin antar interaksi sesama. Keduanya sama-sama tidak diuntungkan dalam situasi tersebut. Dan terdapat beberapa faktor pemicu antara lain faktor ekonomi, faktor agama, faktor pendidikan dan faktor psikologis. Faktor pemicu ini merupakan alasan seseorang untuk melakukan kekerasan, dengan akar pemasalahannya adalah faktor sosial budaya atau lebih disebabkan karena budaya patriarki dan ketimpangan gender yang melemahkan perempuan secara sepihak telah mengakar kuat dalam kehidupan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H Zainuddin, M.Ag. NIP. 196608271999031001
Uncontrolled Keywords: Gender, patriarki, kekerasan fisik
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Sep 2016 14:59
Last Modified: 23 Sep 2016 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22060

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum