USAHA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) ARTHA SEJAHTERA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI ANGGOTANYA : STUDI DI SAMPARAN, CATURHARJO, PANDAK, BANTUL

ZADA RIZKIA MELLAHY, NIM. 10230062 (2016) USAHA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) ARTHA SEJAHTERA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI ANGGOTANYA : STUDI DI SAMPARAN, CATURHARJO, PANDAK, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (USAHA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) ARTHA SEJAHTERA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI ANGGOTANYA : STUDI DI SAMPARAN, CATURHARJO, PANDAK, BANTUL)
10230062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (USAHA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) ARTHA SEJAHTERA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI ANGGOTANYA : STUDI DI SAMPARAN, CATURHARJO, PANDAK, BANTUL)
10230062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (880kB)

Abstract

BMT Artha Sejahtera merupakan sebuah lembaga keuangan syari’ah yang melaksanakan prinsip-prinsip operasionalnya pada syari’ah islam. Dalam pelaksanaanya BMT diperuntukan bagi anggota atau nasabahnya sebagai suatu usaha untuk menghadirkan suatu bentuk lembaga keuangan alternative yang tidak bertentangan dengan syari’ah islam.Fokus penelitian ini untuk mengkaji konsep BMT Artha Sejahtera dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota di Dusun Samparan, Caturharjo, Pandak, Bantul serta untuk mengetahui hasil yang dicapai BMT Artha Sejahtera dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya di Dusun Samparan, Caturharjo, Pandak, Bantul. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan purposive dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah pengurus BMT Artha Sejahtera, Anggota BMT, dan Calon Anggota. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep BMT Artha Sejahtera dalam usaha meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggotanya terdapat tiga tahapan yaitu : Pertama, pelayanan umum dimana calon anggota datang sendiri ke BMT dan menentukan sendiri langkah yang dipilih. Kedua, Simpanan (pembukuan rekening, penyetoran simpanan, penarikan simpanan). Ketiga. Pembiayaan dengan memberikan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh BMT Artha Sejahtera. Implementasi BMT Artha Sejahtera yaitu mengenalkan produkproduk BMT Artha Sejahtera kepada Anggota maupun Calon anggota melalui pembinaan kepada Anggota maupun Calon Anggota dan para pengusaha kecil. Hasil dari usaha BMT Artha Sejahtera dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota yaitu menghasilkan peningkatan ekonomi anggota di Samparan, Caturharjo, Pandak, Bantul, serta membuka lapangan pekerjaan bagi para pengusaha kecil di Dusun Samparan, Caturharjo, Pandak, Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suyanto, S.Sos, M.Si NIP: 19660531 198801 1001
Uncontrolled Keywords: Usaha Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Anggota.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Sep 2016 08:49
Last Modified: 26 Sep 2016 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22066

Actions (login required)

View Item View Item