PERAN GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) TRIKARSA 08 DALAM PEMBERDAYAAN PETANI DI DUSUN NGELO, DESA GEMBUK, KECAMATAN KEBONAGUNG, KABUPATEN PACITAN

UBAIDILLAH UBAIDILLAH, NIM. 11230010 (2016) PERAN GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) TRIKARSA 08 DALAM PEMBERDAYAAN PETANI DI DUSUN NGELO, DESA GEMBUK, KECAMATAN KEBONAGUNG, KABUPATEN PACITAN. Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) TRIKARSA 08 DALAM PEMBERDAYAAN PETANI DI DUSUN NGELO, DESA GEMBUK, KECAMATAN KEBONAGUNG, KABUPATEN PACITAN)
11230010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) TRIKARSA 08 DALAM PEMBERDAYAAN PETANI DI DUSUN NGELO, DESA GEMBUK, KECAMATAN KEBONAGUNG, KABUPATEN PACITAN)
11230010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Kemiskinan adalah permasalahan yang paling kompleks, hal tersebut di karenakan sudah menjadi masalah Negara Indonesia secara turun temurun dan belum bisa diselesaikan hingga akar permasalahannya. Kemiskinan menjadi perhatian penting bagi setiap kalangan, sehingga berbagai cara pun diupayakan untuk mengatasinya, namun belum bisa dituntaskan baik di kota maupun di desa. Salah satu upaya mengentaskan kemiskinan tersebut melalui pembangunan pertanian yaitu untuk memperbaiki kondisi kehidupan masyarakat desa dengan cara meningkatkan output dan pendapatan mereka. Fokusnya terutama terarah pada usaha menjawab kelangkaan atau keterbatasan pangan di pedesaan. Peningkatan produksi pertanian dianggap sangat strategis, karena tidak hanya diperlukan untuk mencukupi kebutuhan pangan (baik di pedesaan maupun di perkotaan), tetapi sekaligus juga untuk memenuhi kebutuhan dasar industri kecil dan kerumahtanggaan, serta untuk menghasilkan produk pertanian ekspor yang dibutuhkan oleh negara maju. Pembangunan pertanian dilakukan di Kabupaten Pacitan, Kec. Kebonagung, Desa Gembuk, Dusun Ngelo. Di mana sekarang (2016) para petani di sana memproduksi gula merah dengan memanfaatkan nira dari pohon kelapa yang mayoritas masyarakat Dusun Ngelo miliki. Rumusan masalah penelitian ini adalah, pertama, Bagaimana peran Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Trikarsa 08 dalam pemberdayaan petani di Dusun Ngelo, Desa Gembuk, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan. Kedua, Bagaimana hasil peran Gapoktan Trikarsa 08 dari pemberdayaan petani di Dusun Ngelo, Desa Gembuk, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan. Tujuan dalam penelitian ini adalah pertama, Mendeskripsikan peran gabungan kelompok tani (Gapoktan) Trikarsa 08 dalam pemberdayaan petani di Dusun Ngelo, Desa Gembuk, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan. Kedua, Mengkaji hasil dari peran Gapoktan Trikarsa 08 dalam pemberdayaan petani di Dusun Ngelo, Desa Gembuk, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data adalah wawancara, dengan jumlahi nforman 8 orang, observasi dan selanjutnya dokumentasi. Metode penentuan informan menggunakan metode snow ball (bola salju). Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama, Peran Gapoktan Trikarsa 08 dalam Pemberdayaan Petani di Dusun Ngelo Desa Gembuk meliputi pengorganisasian, fasilitasi, pendidikan, keterampilan teknik dan pendelegasian. Kedua, hasil dari Peran Gapoktan Trikarsa 08 dalam Pemberdayaan Petani di Dusun Ngelo meliputi usaha peningkatan pendapatan dengan pemanfaatan sumber daya yang ada, memenuhi kebutuhan dasar, berpartisipasi dalam proses pembangunan dan keputusan-keputusan yang mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: PeranGapoktan, PemberdayaanPetani
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Sep 2016 01:59
Last Modified: 26 Sep 2016 01:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22067

Actions (login required)

View Item View Item