RELASI KUASA DI PERTAMBAKAN DESA AMBULU: STUDI RELASI BISNIS ANTARA BAKUL IKAN DENGAN PEMILIK LAHAN TAMBAK BUDIDAYA IKAN

MASON HAJI, NIM. 12230044 (2016) RELASI KUASA DI PERTAMBAKAN DESA AMBULU: STUDI RELASI BISNIS ANTARA BAKUL IKAN DENGAN PEMILIK LAHAN TAMBAK BUDIDAYA IKAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELASI KUASA DI PERTAMBAKAN DESA AMBULU: STUDI RELASI BISNIS ANTARA BAKUL IKAN DENGAN PEMILIK LAHAN TAMBAK BUDIDAYA IKAN)
12230044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (RELASI KUASA DI PERTAMBAKAN DESA AMBULU: STUDI RELASI BISNIS ANTARA BAKUL IKAN DENGAN PEMILIK LAHAN TAMBAK BUDIDAYA IKAN)
12230044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (777kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya potensi lahan tambak yang cukup luas dimiliki Desa Ambulu, potensi ini menjadikan usaha pertambakan ikan bandeng sebagai mata pencaharian utama hampir seluruh masyarakat Desa Ambulu. Besarnya potensi ini, ternyata belum dinikmati hasilnya oleh sebagian besar petani tambak artinya potensi pertambakan di Desa Ambulu hanya dinikmati oleh kaum pemilik modal, karena petani tambak masih kesulitan dalam masalah permodalan. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis bertanya tentang mengidentifikasi siapakah siapa aktor yang paling berpengaruh dan berkuasa dalam masa produksi tambak ikan, distribusi hasil tambak. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan metode pendekatan deskriptif-kualitatif, data yang diperoleh dikumpulkan dan diwujudkan secara langsung dalam bentuk deskriptif atau gambaran tentang suasana atau keadaan objek secara menyeluruh, dan apa adanya berupa kata-kata lisan atau tertulis dari orang atau perilaku yang diamati. Data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa metode diantaranya adalah, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan, peneliti menggunakan teknik snowball atau sering didefinisikan sebagai teknik bola salju. Penentuan informan dengan teknik ini di mulai yang mula-mula jumlahnya kecil, kemudian membesar. Ibarat bola salju yang menggelinding yang lama-lama menjadi besar, dengan empat informan, yaitu petani tambak, bakul ikan, pengusaha benih, dan buruh tambak. Hasil penelitian menunjukan, pertama: Dari kekayaan potensi di Desa Ambulu yaitu pertambakan ikan dengan jumlah 826 petak tambak belum bisa dimaksimalkan dan belum bisa menikmati hasil pertambakan oleh semua penduduk Desa Ambulu terkhusus para petani tambak melainkan hanya beberapa orang saja, salah satunya adalah bakul ikan karena adanya relasi kuasa atau hubungan kekuasaan antara petani dengan bakul ikan yang diuntungkan hanya bakul ikan. Kedua: Petani tambak ikan bandeng Desa Ambulu masih kesulitan masalah modal awal produksi, dengan jalan lain petani tambak meminjam atau berhutang sama bakul ikan. Ketiga: Bakul ikan mengusai di pertambakan ikan bandeng Desa Ambulu dari mulai produksi yaitu dengan meminjamkan modal produksi kepada petani tambak dan pendistribusian hasil produksi atau panen ikan bandeng dengan nilai harga yang lebih rendah dari pasar. Keempat: Petani tambak ikan bandeng Desa Ambulu belum bisa mendistribusikan hasil produksi ikan bandeng karena tidak mempunyai akses keluar atau ke pasar. Petani tambak lebih memilih bakul ikan yang nilai jualnya lebih rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Abdur Rozaki, S. Ag.,M.Si. NIP. 19750701 200501 1 007
Uncontrolled Keywords: Relasi Kuasa, Relasi Bisnis.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Sep 2016 04:14
Last Modified: 26 Sep 2016 04:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22073

Actions (login required)

View Item View Item