PERAN BANK SAMPAH “GEMI SETITI” DALAM UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KAMPUNG GENDENG, KELURAHAN BACIRO, KECAMATAN GONDOKUSUMAN, KOTA YOGYAKARTA

NIDA ULMAGHFIROH, NIM. 12230065 (2016) PERAN BANK SAMPAH “GEMI SETITI” DALAM UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KAMPUNG GENDENG, KELURAHAN BACIRO, KECAMATAN GONDOKUSUMAN, KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN BANK SAMPAH “GEMI SETITI” DALAM UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KAMPUNG GENDENG, KELURAHAN BACIRO, KECAMATAN GONDOKUSUMAN, KOTA YOGYAKARTA)
12230065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN BANK SAMPAH “GEMI SETITI” DALAM UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KAMPUNG GENDENG, KELURAHAN BACIRO, KECAMATAN GONDOKUSUMAN, KOTA YOGYAKARTA)
12230065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (859kB)

Abstract

Dilatar belakangi dari bertambahnya penumpukan sampah di TPA setiap harinya yang mengakibatkan pencemaran lingkungan, maka perlunya peran kelompok Sumber Daya Manusia yang berkualitas dengan etos kerja yang tinggi dan usaha yang keras untuik melakukan peran tersebut. Salah satunya dibuktikan dengan berdirinya kelompok bank sampah “Gemi Setiti” sebagai pengelola sampah, pelestarian lingkungan, serta untuk membantu perekonomian masyarakat sekitar. Rumusan Masalahnya dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana peran bank sampah “Gemi Setiti” dalam pelestarian lingkungan di Kampung Gendeng, Kelurahan Baciro, Yogyakarta?, 2) Bagaimana dampak dari adanya bank sampah “Gemi Setiti” dalam pelestarian lingkungan bagi masyarakat di Kampung Gendeng, Kelurahan Baciro, Yogyakarta?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menjabarkan dan menjelaskan subjek yang diteliti apa adanya dengan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat kualitatif disertai dengan opini atau kerangka teori yang berkaitan. Untuk membantu pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa peran bank sampah “Gemi Setiti” dalam pelestarian lingkungan dengan cara Fasilitatif, Pendidikan, dan Perwakilan. Selain itu juga terdapat dampak yang dirasakan masyarakat Gendeng dengan adanya bank sampah. Dampak disini digolongkan menjadi dua, dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya yaitu menambah perekonomian masyarakat, penumpukan sampah juga semakin berkurang dan cara ini juga tidak merusak Sumber Daya Alam tapi justru menggunakan Sumber Daya Alam yang ada dengan baik. Sedangkan dampak negatifnya antara lain berkurangnya persediaan sumber daya alam karena eksploitasi yang terus menerus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyanto, S.Sos NIP. 19660531 198801 1 001
Uncontrolled Keywords: Peran bank sampah “Gemi Setiti”, Pelestarian Lingkungan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Sep 2016 13:45
Last Modified: 26 Sep 2016 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22075

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum