PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KERAJINAN TANDUK DAN KAYU DI DESA PUCANG, KECAMATAN SECANG, KABUPATEN MAGELANG

ANISA RIF’ATUR RAFIQOH, NIM. 12230071 (2016) PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KERAJINAN TANDUK DAN KAYU DI DESA PUCANG, KECAMATAN SECANG, KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KERAJINAN TANDUK DAN KAYU DI DESA PUCANG, KECAMATAN SECANG, KABUPATEN MAGELANG)
12230071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KERAJINAN TANDUK DAN KAYU DI DESA PUCANG, KECAMATAN SECANG, KABUPATEN MAGELANG)
12230071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (944kB)

Abstract

Anisa Rif’atur Rafiqoh, Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Kerajinan Tanduk dan Kayu di Desa Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kerajinan merupakan sumber kehidupan bagi sebagian penduduk, sebagai kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan dasar industri kecil. Dengan bertambahnya kebutuhan, pengrajin dihadapkan dengan pemilihan alternatif guna memanfaatkan sumber daya yang ada. Maka dibutuhkan pengelolaan yang baik dan kreatif yaitu Kerajinan tanduk dan kayu. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripskan proses dan hasil yang dicapai melalui kerajinan tanduk dan kayu. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penentuan informan menggunakan purposive sampling dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya dan dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan ekonomi masyarakat melalui kerajinan tanduk dan kayu di Desa Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang yaitu dengan penydaran terhadap masyarakat Desa pucang agar mereka mau bekerja, setelah itu masyarakat diberikan daya tunjangan usaha berupa modal untuk modal usaha bagi yang ingin usaha kerajinan, agar dapat meningkatkan kemampuan dan produktifitas usaha. Kerajinan tanduk dan kayu mulai dipasarkan diberbagai daerah dan diekspor ke luar negeri. Dengan adanya pengembangan ekonomi masyarakat melalui kerajinan tanduk dan kayu di Desa Pucang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, dilihat dari sistem penjualannya yaitu sistem harian dan bulanan dan masyarakat lebih mandiri. Selain itu, dapat menjadi lapangan pekerjaan dilihat dari masyakarakat yang belum mempunyai pekerjaan sekarang sudah bisa bekerja sebagai pengrajin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Siti Syamsiyatun, M.A., Ph.D. NIP 19640323 199503 2 002
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Ekonomi Masyarakat, Kerajinan Tanduk dan Kayu
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Sep 2016 06:51
Last Modified: 26 Sep 2016 06:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22076

Actions (login required)

View Item View Item