PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP ETIKA BISNIS ISLAM PENGUSAHA BREM DI DESA KALIABU KECAMATAN MEJAYAN KABUPATEN MADIUN

ALDO ROBBY PRADANA, NIM. 12810008 (2016) PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP ETIKA BISNIS ISLAM PENGUSAHA BREM DI DESA KALIABU KECAMATAN MEJAYAN KABUPATEN MADIUN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP ETIKA BISNIS ISLAM PENGUSAHA BREM DI DESA KALIABU KECAMATAN MEJAYAN KABUPATEN MADIUN)
12810008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP ETIKA BISNIS ISLAM PENGUSAHA BREM DI DESA KALIABU KECAMATAN MEJAYAN KABUPATEN MADIUN)
12810008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (897kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap etika bisnis pengusaha brem di Desa Kaliabu Mejayan Madiun.Religiuitas terdiri dari Dimensi Keyakinan, Dimensi Praktek Agama, Dimensi Pengetahuan, Dimensi Pengalaman, dan Dimensi Pengamalan. Hasil penelitian dapat menjadi masukan bagi pengusaha untuk menjalankan bisnis dengan syariat Islam. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 38 pengusaha brem yang berada di Desa Kaliabu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan aksidental sampling. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner, metode wawancara dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan Uji Koefisien Determinasi diketahui bahwa nilai Adjusted R2 sebesar 31,1% artinya kelima dimensi dalam Variabel Religiusitas dapat mewakili 31,1% variabel yang mempengaruhi Etika Bisnis Islam. Sedangkan 68,9% sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Secara simultan, lima variabel dimensi dalam Religiusitas berpengaruh terhadap Etika Bisnis Islam dengan tingkat signifikansi sebesar 0,004. Secara parsial, Dimensi Keyakinan dan Dimensi Pengetahuan Agama berpengaruh signifikan terhadap Etika Bisnis Islam sebesar 0.021 dan 0,018. Sedangkan Dimensi Praktek Agama, Dimensi Pengalaman dan Dimensi Pengamalan mempunyai hasil yang tidak signifikan terhadap Etika Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Religiusitas, Etika Bisnis Islam, Pengusaha Brem Desa Kaliabu
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Etika Bisnis Islam, Pengusaha Brem Desa Kaliabu
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Sep 2016 09:46
Last Modified: 27 Sep 2016 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22079

Actions (login required)

View Item View Item