IDENTIFIKASI SEBARAN MINERAL MANGAN DI DESA GIRIPURWO KABUPATEN KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE INDUCED POLARIZATION (IP)

MUCHAMMAD MUSTAGHFIRIN TRI WIBOWO, NIM. 09620015 (2016) IDENTIFIKASI SEBARAN MINERAL MANGAN DI DESA GIRIPURWO KABUPATEN KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE INDUCED POLARIZATION (IP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI SEBARAN MINERAL MANGAN DI DESA GIRIPURWO KABUPATEN KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE INDUCED POLARIZATION (IP))
09620015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI SEBARAN MINERAL MANGAN DI DESA GIRIPURWO KABUPATEN KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE INDUCED POLARIZATION (IP))
09620015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ekplorasi mineral mangan menggunakan metode polarisasi terinduksi (IP) telah dilakukan di daerah Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai resistivitas dan chargeabilitas, dan mengetahui sebaran mineral mangan. Pengukuran IP dilakukan pada kawasan waktu menggunakan konfigurasi Dipoledipole. Pengukuran ini dilakukan dengan 3 lintasan, dengan spasi antar elektroda 20 meter, sepanjang 300 meter. Alat yang digunakan adalah Syscal Jr Switch-48. Software yang digunakan adalah Ms. Excel, Res2dinv3.54,dan Acrgis. Hasil penelitian didapatkan penampang 2D yang mengindikasikan keberadaan mineral mangan yang didasari sifat kelistrikan suatu mineral. Penyebaran mineral mangan didaerah penelitian adalah nilai resistivitas kurang dari 10 Ohm-meter dan Chargeabilitas lebih dari 20 msec. Cut off nilai tersebut digunakan untuk pembuatan model 2D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Faizal Zakaria, S.Si, M. T
Uncontrolled Keywords: Chargeabilitas, Mangan, Polarisasi Terinduksi, Resistivitas.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Sep 2016 11:01
Last Modified: 27 Sep 2016 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22084

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum