DAMPAK KEBIJAKAN BUPATI PURWAKARTA NO. 70 A PASAL 6 TAHUN 2015 DALAM SISTEM SOSIAL BUDAYA DAN SISTEM ETIKA MASYARAKAT

SITI NURWARDAH, NIM. 12370022 (2016) DAMPAK KEBIJAKAN BUPATI PURWAKARTA NO. 70 A PASAL 6 TAHUN 2015 DALAM SISTEM SOSIAL BUDAYA DAN SISTEM ETIKA MASYARAKAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK KEBIJAKAN BUPATI PURWAKARTA NO. 70 A PASAL 6 TAHUN 2015 DALAM SISTEM SOSIAL BUDAYA DAN SISTEM ETIKA MASYARAKAT)
12370022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK KEBIJAKAN BUPATI PURWAKARTA NO. 70 A PASAL 6 TAHUN 2015 DALAM SISTEM SOSIAL BUDAYA DAN SISTEM ETIKA MASYARAKAT)
12370022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (713kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kebijakan Bupati Purwakarta Nomor 70 Pasal 6 Tahun 2015 dalam sistem sosial budaya dan etika masyarakat. Melalui peraturan bupati tentang desa berbudaya diharapkan dapat mengaplikasikan seluruh aturan desa berbudaya semisal larangan anak dibawah umur pacaran, membatasi muda-mudi yang berusia di atas 17 tahun untuk bertamu kepada lawan jenisnya yang belum terikat suatu perkawinan hingga pukul 21.00 WIB. Peraturan tentang desa berbudaya ini merupakan norma yang pernah tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat. Kemudian diangkat menjadi aturan hukum formal dalam bentuk Peraturan Bupati Nomor 70 A Tahun 2015. Pemberlakuan jam malam didasari atas keprihatinan terhadap kondisi moral generasi muda di tengah-tengah arus globalisasi dan perkembangan arus informasi yang mengakibatkan kondisi pergaulan generasi muda saat ini mengkhawatirkan. Dalam penelitian ini, pada rumusan masalah pertama menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif responden, analisis deskriptif variabel, uji asumsi, dan uji hipotesis. Pada rumusan kedua menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang diarahkan untuk mengetahui dampak dari kebijakan bupati dengan menganalisa berdasarkan data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Responden pada penelitian ini berjumlah 201 orang. Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS Versi 17.0 for windows pada uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Maka dinyatakan bahwa implementasi kebijakan bupati mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sistem sosial budaya dan etika masyarakat. Dampak dari adanya kebijakan tersebut adalah meminimalisirkan tindakan asusila maupun kriminalitas di kalangan remaja sekaligus membina moral dan membina mutu anak muda di Purwakarta. Nilai R square yang diperoleh sebesar 0,164 menunjukkan bahwa sistem sosial budaya dan sistem etika masyarakat 16,4% dipengaruhi oleh kebijakan bupati yang dilaksanakan oleh Pemerintah, adapun sisanya sebesar 83.6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Keyword: Kebijakan Bupati Purwakarta, Desa Berbudaya, Sistem Sosial Budaya dan Sistem Etika Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. SUBAIDI, S. Ag., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Bupati Purwakarta, Desa Berbudaya, Sistem Sosial Budaya dan Sistem Etika Masyarakat.
Subjects: Politik Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Oct 2016 08:17
Last Modified: 14 Oct 2016 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22086

Actions (login required)

View Item View Item