PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE, ISLAMIC SOCIAL RESPONSIBILITY, ISLAMIC ETHICAL IDENTITY, DAN ZAKAT TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH

HERI KURNIAWAN, NIM. 1220311063 (2016) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE, ISLAMIC SOCIAL RESPONSIBILITY, ISLAMIC ETHICAL IDENTITY, DAN ZAKAT TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE, ISLAMIC SOCIAL RESPONSIBILITY, ISLAMIC ETHICAL IDENTITY, DAN ZAKAT TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH)
1220311063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE, ISLAMIC SOCIAL RESPONSIBILITY, ISLAMIC ETHICAL IDENTITY, DAN ZAKAT TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH)
1220311063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Bank umum syariah memiliki karakter yang berbeda dengan bank konvenional. Di dalam menjalankan kegiatan operasionalnya bank syariah wajib tunduk pada 2 (dua) peraturan, yaitu syariat Islam dan aturan yang dibuat oleh pemerintah. Seagai suatu alternatif dari bank konvensional, bank syariah pun juga harus mengikuti hal-hal yang ada pada bank konvensional namun dengan tetap memegang teguh syariat Islam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh Intellectual Capital, Islamic Corporate Governance, Islamic Social Responsibility, Islamic Ethical Identity, dan Zakat terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian terapan. Variabel Independen yang digunakan adalah Intellectual Capital, Islamic Corporate Governance, Islamic Social Responsibility, Islamic Ethical Identity, dan Zakat, sedangkan variabel dependen yaitu kinerja keuangan yang diproksi dengan Islamicity Index yang terdiri dari Profit Sharing Ratio, Zakat Performance Ratio, Equitable Distribution Ratio, Director – Employee Welfare Ratio, dan Islamic Income versus Non Islamic Income. Populasi dalam penelitian ini adalah perbankan syariah yang ada di Indonesia. Metode penentuan sampel dengan metode purposive sampling, dan berdasarkan kriteria jumlah sampel yaitu empat Bank Umum Syariah periode tahun 2010-2015. Data penelitian merupakan data sekunder berupa laporan tahunan/annual report (audited), laporan keuangan, laporan GCG, dan laporan zakat yang publikasikan oleh masing-masing bank. Pengujian hipotesis penelitian digunakan teknik analisis regresi berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan Intellectual Capital berpengaruh terhadap kinerja keuangan bank syariah yang ditunjukkan hasil uji statistik sig. t sebesar 0.005(p-value < 0,05). Islamic Corporate Governance tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan bank syariah yang ditunjukkan hasil uji statistik sig. t sebesar 0.587 (p-value > 0,05), Islamic Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan bank syariah yang ditunjukkan hasil uji statistik sig. t sebesar 0.971 (> p 0.05), Islamic Ethical Identity berpengaruh pada kinerja keuangan bank syariah yang ditunjukkan dengan uji statistik sig. t sebesar 0.000 (p-value < 0.05), dan zakat tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan bank syariah yang ditunjukkan dengan hasil uji statistik sig. t sebesar 0.378 (> p 0.05). Secara simultan, variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yang ditunjukkkan dengan perolehan nilai FHitung sebesar 22.604 > FTabel sebesar 2.96 dengan signifikansi F sebesar 0.000a < 0.05. Hasil uji koefisien determinasi sebesar 0.541 atau 54,1%. Artinya kontribusi seluruh variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen adalah sebesar 54.1%, sedangkan sisanya sebesar 45.9% dipengaruhi oleh varian lain diluar model.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Slamet Haryono, M.Si., Akt
Uncontrolled Keywords: intellectual capital, islamic corporate governace, islamic social responsibility, islamic ethical identity, zakat, kinerja keuangan, islamicity
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Sep 2016 14:10
Last Modified: 28 Sep 2016 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22097

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum