PESAN MORAL PADA FILM DALAM MIHRAB CINTA

RESTI SOFIANI, NIM. 09210022 (2016) PESAN MORAL PADA FILM DALAM MIHRAB CINTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN MORAL PADA FILM DALAM MIHRAB CINTA)
09210022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PESAN MORAL PADA FILM DALAM MIHRAB CINTA)
09210022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (922kB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah Pesan Moral pada Film Dalam Mihrab Cinta. Penulis memilih untuk membahas pesan moral yang disajikan dalam film tersebut untuk menunjukkan bahwa film merupakan media dakwah Islam yang sangat efektif sekarang ini. Penulis memilih film Dalam Mihrab Cinta karena film ini diangkat dari salah satu karya penulis Islam Indonesia yang terkenal, Habiburrahman el-Shirazy, dan sekaligus juga disutradarai olehnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan mengaplikasikan analisis deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menerangkan pesan-pesan moral yang bisa ditemukan dalam film Dalam Mihrab Cinta beserta kekurang-kekurangan dalam penyampaiannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Semiotik Ferdinand de Saussure. Saussure berpendapat bahwa ciri dasar tanda bahas adalah arbitraritas (kesemenaan). Hubungan antara signifiant dan signifie disebutnya bersifat arbitrer. Pada penanda berisikan tentang gambar visual yang nantinya akan menjadi pokok pembahasan dari petanda, makna dan tanda verbal. Petanda berisikan tentang jawaban singkat dari penanda, sedangkan makna adalah makna atau arti jawaban dari petanda dan tanda verbal berisikan tentang inti atau penjabaran dari makna. Pada film Dalam Mihrab Cinta dapat ditemukan enam tanda pada tataran konotatif berupa pesan moral film tersebut. Pesan-pesan moral tersebut merupakan contoh peranan film dalam dakwah Islam. Dalam penyajian scene-scene yang mengandung pesan moral itu ditemukan dua jenis kekurangan berkaitan dengan penyusunan plot dan terlalu banyaknya aspek kebetulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Musthofa, M. Si
Uncontrolled Keywords: Teori Semiotik, film Dalam Mihrab Cinta, pesan moral, tataran denotatif, tataran konotatif, dakwah islam
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom -------For More Information -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:04
Last Modified: 24 Nov 2016 04:32
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/22109

Actions (login required)

View Item View Item