PERUBAHAN SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN MASYARAKAT PEDAK BARU KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA SETELAH MENONTON SINETRON ‘‘EMAK IJAH PENGEN KE MEKKAH’’ DI SCTV (STUDY KASUS MASYARAKAT PEDAK BARU KARANGBENDO BANGUNTAPAN)

ZAINAL MUSTHOFA, NIM. 09210087 (2016) PERUBAHAN SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN MASYARAKAT PEDAK BARU KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA SETELAH MENONTON SINETRON ‘‘EMAK IJAH PENGEN KE MEKKAH’’ DI SCTV (STUDY KASUS MASYARAKAT PEDAK BARU KARANGBENDO BANGUNTAPAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN MASYARAKAT PEDAK BARU KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA SETELAH MENONTON SINETRON ‘‘EMAK IJAH PENGEN KE MEKKAH’’ DI SCTV (STUDY KASUS MASYARAKAT PEDAK BARU KARANGBENDO BANGUNTAPAN))
09210087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN MASYARAKAT PEDAK BARU KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA SETELAH MENONTON SINETRON ‘‘EMAK IJAH PENGEN KE MEKKAH’’ DI SCTV (STUDY KASUS MASYARAKAT PEDAK BARU KARANGBENDO BANGUNTAPAN))
09210087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (750kB)

Abstract

Zainal Musthofa, 09210087. "Perubahan Sikap dan Perilaku Keagamaan Masyarakat Desa Pedak Baru Banguntapan Bantul.Yogyakarta Setelah Menonton Sinetron "Emak Ijah Pengen ke Mekkah", Skripsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada masyarakat Desa Pedak Baru Banguntapan Bantul yang sering membahas tentang Sinetron yang lagi booming dan tak lewat oleh mata kalayak seantero Indonesia yaitu "Emak Ijah Pengen ke Mekkah". Alangkah uniknya ternyata Sinetron ini banyak membawa dampak yang positif terhadap perilaku masyarakat Desa Pedak baru banguntapan ini. Secara umum banyak warga yang antusias terhadap Sinetron ini. Sinetron religi yang dikemas dengan bumbu-bumbu humor ini menjadikan masyakarat Desa Pedak Baru Banguntapan terhipnotis untuk selalu menontonya. Tidak hanya itu, masyarakat Indonesia pada umumnya menyukai Sinetron ini. Penelitian ini merupakan penilitian field research. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah interview, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian meliputi beberapa warga desa pedak baru. Hasil penelitian ini adalah 1) Sebagian besar warga Desa Pedak baru Banguntapan Bantul menyukai dan berantusias Sinetron ini dan sangat berantusias, 2) Pendapat masyakarat tentang Sinetron ini yaitu mereka mengatakan bahwa sinetron ini menarik dan unik karena berunsur religi namun dikemas dengan lelucon-lelucon dan kekonyolan pemerannya, tidak hanya itu gerak gerik pemerannya mampu menghipnotis masyarakat dan menirukannya dalam kehidupan sehari-hari, 3) Perubahan sikap dan perilaku masyarakat Desa Pedak Baru Banguntapan Bantul. Adapun perubahan sikap dan perilakunya meliputi tiga aspek, yaitu : 1) Secara Kognitif, warga memiliki banyak pengetahuan tentang ilmu pengetahuan dunia perSinetronan,yaitu pesan moral dalam Sinetron ini, 2) Secara Afektif, warga menjadi lebih bersemangat hidup, rajin bekerja, sabar, rajin beribadah, ikhlas, tabah dan selalu bersyukur, 3) Secara Psikomotorik, warga menjadi lebih rukun dan saling bergotong royong, serta saling membantu satu sama lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mohammad Zamroni S.Sos, M.S.i
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 28 Sep 2016 15:08
Last Modified: 24 Nov 2016 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22112

Actions (login required)

View Item View Item