PESAN SOSIAL FOTO HEADLINE NEWS KONFLIK ISRAEL-PALESTINA DALAM SKH NASIONAL KOMPAS DAN REPUBLIKA TAHUN 2012

AMARULLOH, NIM. 09210143 (2016) PESAN SOSIAL FOTO HEADLINE NEWS KONFLIK ISRAEL-PALESTINA DALAM SKH NASIONAL KOMPAS DAN REPUBLIKA TAHUN 2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN SOSIAL FOTO HEADLINE NEWS KONFLIK ISRAEL-PALESTINA DALAM SKH NASIONAL KOMPAS DAN REPUBLIKA TAHUN 2012)
09210143_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PESAN SOSIAL FOTO HEADLINE NEWS KONFLIK ISRAEL-PALESTINA DALAM SKH NASIONAL KOMPAS DAN REPUBLIKA TAHUN 2012)
09210143_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Amarulloh, 09210143, 2016: "Pesan Sosial Foto Headline News Konflik Israel-Palestina Dalam SKH Nasional Kompas Dan Republika Tahun 2012". Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pada awalnya Surat Kabar hanya berfungsi sebagai media penyampaian informasi, namun seiring perkembangan zaman fungsi surat kabar menjadi salah satu media untuk menggerakan pembacanya dalam hal-hal tertentu terkait dengan informasi yang disajikan. Dalam hal ini untuk lebih memperhatikan kepedulian antar sesama manusia setelah membaca dan melihat foto Headline News terkait dengan hal pesan sosial kepada masyarakat. SKH Kompas dan Republika sebagai koran nasional memberikan banyak ruang terhadap pemuatan foto Headline News yang merupakan foto jurnalistik terkait pesan sosial tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara singkat mengenai pesan sosial yang ingin disampaikan SKH Kompas dan Republika melalui foto Headline News Konflik Israel-Palestina Tahun 2012 kepada para pembacanya. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif Interpretatif dengan menggunakan analisis Semiotika model Roland Berthes. Ada lima karakteristik foto Headline News yang merupakan foto jurnalistik yang mampu menyampaikan pesan sosial, yakni foto jurnalistik memiliki obyek foto menarik. Foto tersebut mengangkat tema mengenai human interest atau people in the news. Obyek foto yang berupa tingkah laku atau kegiatan manusia diluar kebiasaan masyarakat pada umumnya mampu menarik empati. Selain itu penulisan caption mengandung unsur 5W+1H dan menggunakan tipe shoot atau camera angle dengan menyesuaikan pesan yang ingin disampaikan. Kemudian pesan sosial yang disampaikan dari foto yang dianalis adalah mengajak untuk lebih mempedulikan antar sesama sebagai salah satu wujud meningkatkan kebersamaan sesama manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr.Khadiq, S.Ag, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Surat Kabar, Pesan Sosial, Foto Headline News, dan Karakteristik
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom -------For More Information -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:17
Last Modified: 24 Nov 2016 03:34
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/22117

Actions (login required)

View Item View Item