METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI TUKANGAN YOGYAKARTA

Zuhdi Qohari NIM: 04410654-02, (2009) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI TUKANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari penggunaan metode menyanyi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yang dikombinasikan dengan metode lain yaitu metode ceramah, metode tanyajawab, metode demonstrasi, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan metode pembelajaran pendidikan agama Islam. Peneliti berharap penelitian ini dapat bermanfaat bagi pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri Tukangan Yogyakarta sehingga dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskannya, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran PAI yang terjadi di kelas IIIA – VA SD Neger Tukangan Yogyakarta adalah kurikulum yang digunakan di sekolah tersebut KTSP. Alokasi waktu dalam satu minggu tiga jam pelajaran dan dibagi dengan dua kali pertemuan serta untuk satu jam pelajaran dengan durasi waktu tigapuluh lima menit. Sebelum pembelajaran dilaksanakan dikelas guru agama Islam menyusun rencana pembelajaran yang dilakukan secara bersama dalam kelompok kerja guru agama Islam. Pembelajaran yang terjadi dalam kelas dimulai dengan do’a sebelum belajar dan tadarusan, penyampaian materi merupakan kegiatan berikutnya dan pertemuan diakhiri dengan mengklarifikasi materi dan pemberian tugas serta memotovasi siswa. Kondisi pembelajaran PAI yang ada yaitu menyenangkan. (2) Pemilihan metode pembelajaran cukup bervariatif dalam setiap pembelajaran, hal ini ditunjukkan oleh bermacam-macamnya metode yang digunakan di kelas, antara lain; metode ceramah, metode tanya jawab, metode amtsal (perumpamaan), metode demonstrasi, metode aplikasi, metode keteladanan dan metode menyanyi. Dengan metode-metode tersebut kondisi kejiwaan siswa saat mengikuti pembelajaran tidak merasa ada tekanan dari seorang guru dan siswa merasa senang apabila metode menyanyi diterapkan. (3) Faktor yang mendukung pembelajaran PAI meliputi latar belakang pendidikan dan hobi guru agama, antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran dan dukungan keluarga dalam memperhatikan perilaku keagamaan siswa di rumah. Sedangkan faktor yang menghambat terdiri dari kurangnya kemampuan guru terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis informasi teknologi, adanya siswa yang malas dan lamban dalam mengikuti pembelajaran serta kurangnya dukungan keluarga dalam memperhatikan perilaku keagamaan siswa dikeluarga. Solusi yang telah dilakukan untuk mengatasi faktor yang menghambat ialah memberikan perhatian ektra, memberi motivasi dan mengadakan kegiatan tadarusan setiap pertemuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, SD Negeri Tukangan
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2213

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum