UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN (Studi di SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta)

ZAINUL MA’ARIF NIM. 04410846-03, (2009) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN (Studi di SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pengamalan keagamaan siswa yang beragam disebabkan oleh tingkat pengetahuan yang berbeda-beda, sehingga lembaga pendidikan perlu meletakan upaya peningkatan siswa dengan berbasis nilai-nilai keagamaan menjadi landasan yang perlu dibentuk melalui proses belajar mengajar dalam hal ini melalui pendidikan keagamaan. Disinilah perlunya adanya upaya dari guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pengamalan nilai-nilai keagamaan, yaitu bagaimana agar siswa-siswi bersemangat dan antusias dalam mengamalkan nilainilai keagamaan baik di sekolah maupun di luar sekolah. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kualitatif, maka teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah (stratified random sampling) suatu cara yang ditempuh dalam penelitian dengan cara mengambil sebagian saja dari seluruh populasi yang akan diteliti. Kemudian yang menjadi subyek penelitian adalah guru pendidikan agama Islam dan siswa SMP Muhammadiyah 3 Depok. SMP Muhammadiyah 3 Depok, adalah lembaga pendidikan Islam tingkat menengah yang ikut berperan dalam membimbing generasi muda Islam untuk menjadi hamba yang mampu menjalankan ajaran agama Islam. Pendidikan agama Islam bertujuan untuk menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt serta akhlak mulia anak didiknya. Untuk itu peran guru pendidikan agama Islam harus dapat mengembangkan keilmuan meningkatkan nilai-nilai keagamaan (keimanan dan ketaqwaan), dan dapat dijadikan suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga akan tercetak manusia yang memiliki keahlian dalam bidang ilmu pengetahuan, memiliki keimanan, ketaqwaan serta memiliki kepribadian yang tinggi dalam sikap dan prilaku. Hasil penelitian menjelaskan bahwa upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pengamalan nilai-nilai keagamaan di SMP Muhammadiyah 3 Depok, dilakukan melalui dua cara, yang pertama melalui pendidikan Intrakurikuler yaitu dengan meningkatkan semangat belajar agama Islam dengan cara membangkitkan kebutuhan akan belajar agama, mengadakan apresiasi kepada siswa saat mengajar dan menggunakan metode mengajar yang variatif. Yang kedua melalui pendidikan ekstra-kurikuler adapun kegiatan tersebut meliputi, shalat dhuhur, dhuha, jumat berjamaah, tadarus al-qur’an dan lain sebagainya upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan disini yaitu ikut terlibat dalam kegiatan tersebut dengan menjadi kordinator dalam kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs Usman, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Guru, Pendidikan Agama Islam, Nilai, Keagamaan
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2214

Actions (login required)

View Item View Item