PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP ZAKAT PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA DENGAN SIZE BANK SEBAGAI VARIABEL MODERASI

MUHAMMAD SYAIFUDIN, S.H.I, NIM: 1220311097 (2016) PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP ZAKAT PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA DENGAN SIZE BANK SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP ZAKAT PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA DENGAN SIZE BANK SEBAGAI VARIABEL MODERASI)
1220311097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP ZAKAT PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA DENGAN SIZE BANK SEBAGAI VARIABEL MODERASI)
1220311097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perbankan Syariah merupakan representasi dari gelombang baru perusahaan yang mempunyai fungsi sosial sejajar pentingnya dengan mencari keuntungan (profit oriented). Salah satu fungsi sosial tersebut adalah zakat. Orientasi bank syariah terhadap zakat berbanding lurus dengan kinerja secara keseluruhan, sebab untuk meningkatkan kemampuan berzakat bank syariah harus terlebih dahulu meningkatkan kinerja. Namun besarnya zakat yang dikeluarkan antar bank syariah berbeda-beda sehingga diduga berimplikasi juga kepada kinerjanya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan terhadap zakat perbankan syariah di Indonesia dengan size bank sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian terapan. Variabel Independen yang digunakan adalah kinerja keuangan diproksi dengan Return on Asset (ROA), Financing to Deposit Ratio (FDR), dan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BO/PO), variabel dependen yaitu zakat perbankan syariah dan size bank syariah yang diproksi dengan total asset. Populasi dalam penelitian ini adalah perbankan syariah, baik Bank Umum Syariah (BUS) maupun Unit Usaha Syariah (UUS) di Indonesia. Metode penentuan sampel dengan metode purposive sampling, dan berdasarkan kriteria jumlah sampel yaitu tiga BUS dan dua UUS periode tahun 2010-2014. Data penelitian merupakan data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan keuangan yang diperoleh masing-masing dari annual report (audited). Pengujian hipotesis penelitian digunakan teknik analisis regresi dengan data panel dengan alat bantu aplikasi SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan Return on Asset (ROA) berpengaruh zakat bank syariah yang ditunjukkan hasil uji statistik sig. t sebesar 0.040 (p-value < 0,05). Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh terhadap zakat bank syariah yang ditunjukkan hasil uji statistik sig. t sebesar 0.002 (p-value < 0,05) , rasio BOPO tidak berpengaruh terhadap zakat bank syariah yang ditunjukkan hasil uji statistik sig. t sebesar 0.084 (> p 0.05) dan Size bank syariah diproksi dengan total asset tidak mampu memoderasi hubungan antara kinerja keuangan dengan zakat bank syariah yang ditunjukkan dengan hasil uji statistik sebesar 0,340 ( > 0,05). Hasil uji koefisien determinasi sebesar 0.612 atau 61,2%. Artinya kontribusi seluruh variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen adalah sebesar 61,2%, sedangkan sisanya sebesar 38,8% dipengaruhi oleh varian lain diluar model.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Bachruddin,M.Si.
Uncontrolled Keywords: kinerja keuangan, zakat, size bank syariah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Oct 2016 09:59
Last Modified: 04 Oct 2016 07:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22147

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum