METODE PENEMUAN HUKUM DALAM PERKARA DISPENSASI NIKAH (STUDI DI PENGADILAN AGAMA SE-D.I.YOGYAKARTA TAHUN 2013-2015)

LUQMAN HAQIQI AMIRULLOH, NIM. 1420310050 (2016) METODE PENEMUAN HUKUM DALAM PERKARA DISPENSASI NIKAH (STUDI DI PENGADILAN AGAMA SE-D.I.YOGYAKARTA TAHUN 2013-2015). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENEMUAN HUKUM DALAM PERKARA DISPENSASI NIKAH (STUDI DI PENGADILAN AGAMA SE-D.I.YOGYAKARTA TAHUN 2013-2015))
1420310050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE PENEMUAN HUKUM DALAM PERKARA DISPENSASI NIKAH (STUDI DI PENGADILAN AGAMA SE-D.I.YOGYAKARTA TAHUN 2013-2015))
1420310050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Menurut penyusun penelitian ini penting dilakukan mengingat perkara dispensasi nikah merupakan perkara dengan jumlah cukup tinggi. Dengan variatifnya alasan permohonan dispensasi nikah, maka perlu kiranya untuk diketahui apa saja yang menjadi pertimbangan hukum hakim dalam mengabulkan ataupun menolak perkara dispensasi nikah serta metode apa yang digunakan dalam menetapkan permohonan dispensasi nikah. Adapun yang diteliti dalam tesis ini antara lain: alasan-alasan permohonan nikah, jumlah perkara dispensasi nikah, pertimbangan hukum hakim, dan metode yang digunakan dalam menetapkan permohonan dispensasi nikah. Dalam penelitian ini penyusun menggunakan metode kualitatif dan menggunakan pendekatan normatif dengan menggunakan teori penemuan hukum. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa penetapan dispensasi nikah di Pengadilan Agama se-D.I. Yogyakarta dan data sekunder berupa hasil wawancara dengan enam hakim Pengadilan Agama se-D.I.Yogyakarta dan studi kepustakaan. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa pertimbangan yang digunakan hakim se-D.I.Yogyakarta ada dua macam, yaitu: pertimbangan yang ada dalam perundang-undangan dan pertimbangkan hukum di luar peraturan tertulis. Yang ada dalam perundang-undangan tertulis antara lain: Pertama, aturan tentang batas usia nikah yang tercantum dalam Undang-Undang No. I Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Kedua, syarat-syarat perkawinan dalam undang-undang perkawinan. Ketiga, kawin hamil dalam Kompilasi Hukum Islam. Keempat, keharusan melindungi anak dalam Undang-Undang Perlindungan Anak. Sedangkan pertimbangkan hukum hasil ijtihad hakim antara lain: pertimbangan sosiologis, pertimbangan masa depan anak, pertimbangan psikologis, pertimbangan jaminan yang pasti dan kuat dalam hidup berumah tangga, dan pertimbangan kematangan mental dan kaidah fiqhiyyah. Pertimbangan tersebut digunakan hakim untuk mewujudkan kemaslahatan. Dalam proses penemuan hukum dalam perkara dispensasi nikah hakim Se-D.I.Yogyakarta melalui 3 tahap, yakni tahap konstatir, kualifisir, dan konstituir. Adapun metode penemuan hukum yang digunakan oleh hakim di Pengadilan Agama se-D.I. Yogyakarta dalam kasus dispensasi nikah dengan menggunakan metode penemuan hukum, yaitu metode interpretasi gramatikal, sistematis, konstruksi hukum, dan maslahah mursalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Agus Moh Najib, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Dipensasi Nikah, Penemuan Hukum, Pengadilan Agama, Yogyakarta
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Oct 2016 11:11
Last Modified: 03 Oct 2016 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22156

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum