HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA

TAUFAN TAUFIK NIM. 03410143, (2009) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalis sejauh mana dan apakah ada korelasi antara persepsi siswa tentang kinerja guru pendidikan agama Islam dalam mengajar dengan motivasi berprestasi siswa di SMP Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi penelitian ini adalah siswa kelas satu sampai dengan kelas tiga SMP Negeri 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2007/2008 sebanyak 671 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan sistem undian dan didapat kelas yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas VI F, VIIE, dan IX B jumlah sampel semuanya sebanyak 112 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, interviuw dan angket. Hasil analisis instrumen maliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas variabel X menunjukkan dari 30 butir angket terdapat 27 butir terbukti valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,906 dan dinyatakan reliabel. Dan validitas variabel Y menunjukkan dari 30 butir angket terdapat 27 butir terbukti valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,897 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Yogyakarta termasuk dalam kategori cukup tinggi. Hal ini berdasarkan pada pencapaian nilai rata-rata yaitu 2,92, yang terdapat pada kisaran rata-rata antara 2,6 Y≤ 3,3. motivasi belajar siswa diukur dengan enam aspek yaitu seberapa jauh siswa menyukai tugas yang menuntut tanggung jawab pribadi, memiliki tujuan yang realitas, memiliki umpan balik segera dan nyata, senang bekerja sendiri dan bersaing mengungguli orang lain, berorientasi pada masa depan yang lebih baik dan tidak tergugah untuk sekedar mendapatkan status atau keuntungan. 2) Tingkat persepsi siswa tentang kinerja guru agama Islam dalam mengajar di SMP Negeri 2 Yogyakarta termasuk dalam kategori cukup tinggi. Hal ini berdasarkan pada pencapaian nilai rata-rata yaitu 2,97, yang terdapat pada kisaran rata-rata antara 2,6 Y≤ 3,3. Persepsi siswa tentang kinerja guru PAI meliputi tiga indikator penilaian persepsi yaitu meliputi penilaian sikap, tingkah laku dan perbuatan. 3) Berdasarkan analisis data yang diperoleh di SMP Negeri 2 Yogyakarta yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara persepsi siswa tentang kinerja guru pendidikan agama Islam dalam mengajar dengan motivasi berprestasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Ichsan, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Siswa, Pendidikan Agama Islam, Motivasi, Belajar
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2217

Actions (login required)

View Item View Item