PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK KARYA RINI DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

YENNI NIM. 03470590, (2009) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK KARYA RINI DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Layanan BK di sekolah merupakan layanan yang membantu siswa dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapinya baik itu masalah pribadi, masalah sosial, masalah karir dan juga masalah belajar. Untuk masalah kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat SMA atau sederajat memegang peranan penting karena siswa diharapkan setelah lulus dari SMA dapat mengembangkan potensi dirinya khususnya dibidang agama, yang ini tentunya bermanfaat untuk kehidupan di dunia dan juga akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha-usaha guru BK dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar dan juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar PAI. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai masukan bagi guru BK dalam meningkatkan mutu program layanannya. Populasi penelitian ini adalah satu orang guru BK, satu orang guru PAI dan sebagai pendukung dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1 berjumlah 11 siswa dari 34 siswa, kelas X AP 2 berjumlah 13 siswa dari 36 siswa dan X BS berjumlah 4 siswa dari 40 siswa. Jadi subyek dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa dari 110 jumlah keseluruhan siswa kelas X. Penulis menggunakan Sampel berstrata atau Stratified Sample yaitu populasi terbagi atas tingkat. Berdasarkan pertimbangan bahwa 28 orang siswa tersebut mengalami kesulitan belajar PAI karena prestasi belajar di bawah standar, jika dibandingkan dengan siswa yang lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar PAI pada siswa di SMK Karya Rini Depok Sleman Yogyakarta dapat dibagi menjadi 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Peran guru BK di SMK Karya Rini Depok Sleman Yogyakarta dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar PAI yaitu dengan membantu peserta didik secara terus-menerus supaya mereka dapat memahami dirinya. Adapun peran guru BK dilaksanakan dengan cara berperan secara preventif (mencegah), berperan secara kuratif (penyembuhan) dan berperan secara preservatif (pemeliharaan). Adapun peran guru BK di SMK Karya Rini Depok Sleman Yogyakarta dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar PAI kelas X AP 1, X AP 2 dan X Busana dapat dinyatakan mengalami peningkatan atau sudah BAIK. /div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muh Agus Nuryatno, MA, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Guru, Bimbingan, konseling, Siswa, Kesulitan, Belajar Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2223

Actions (login required)

View Item View Item