PENGARUH KUNCEN DALAM MASYARAKAT ADAT KAMPUNG NAGA DESA NEGLASARI KECAMATAN SALAWU KABUPATEN TASIKMALAYA PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2014

NOVIA RAHMAT, NIM. 12370058 (2016) PENGARUH KUNCEN DALAM MASYARAKAT ADAT KAMPUNG NAGA DESA NEGLASARI KECAMATAN SALAWU KABUPATEN TASIKMALAYA PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KUNCEN DALAM MASYARAKAT ADAT KAMPUNG NAGA DESA NEGLASARI KECAMATAN SALAWU KABUPATEN TASIKMALAYA PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2014)
12370058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KUNCEN DALAM MASYARAKAT ADAT KAMPUNG NAGA DESA NEGLASARI KECAMATAN SALAWU KABUPATEN TASIKMALAYA PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2014)
12370058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (923kB)

Abstract

Budaya politik dapat tumbuh dimana saja baik di masyarakat modern, masyarakat tradisional atau masyarakat adat, serta masyarakat primitif. Yang menjadi kajian dalam hal ini yaitu mengenai budaya politik di masyarakat adat yang berada di Desa Neglasari Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya yaitu Kampung Naga. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan budaya politik masyarakat adat Kampung Naga dalam pemilihan umum yaitu pemilihan presiden (pilpres) tahun 2014, kuncen (kepala adat) di Kampung Naga sangat berperan dalam pilpres tersebut. Kuncen turut serta mengarahkan dan merekomendasikan kandidat yang dicalonkan dalam piplres kepada masyarakat adat. Penulis tertarik untuk meneliti hal tersebut apakah pengaruh kuncen dalam masyarakat adat Kampung Naga. Oleh sebab itu, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: apa tipologi kepemimpinan kuncen dalam masyarakat adat Kampung Naga pada pilpres 2014 dan bagaimana teori siyasah musyawarah dan keadian melihat aksi atau tindakan kuncen dalam pilpres 2014. Dalam takaran siyasah, ini adalah termasuk penelitian lapangan (field research) menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan fenomenologi yaitu sebuah pendekatan yang berusaha memahami makna, nilai, persepsi, dan juga pertimbangan etik di setiap tindakan dan keputusan kuncen atau kepala adat Kampung Naga. Penelitian ini menggunakan teori siyasah musyawarah dan keadilan serta teori kharisma Webber. Hasil penelitian, ditemukan bahwa pengaruh kuncen dalam masyarakat adat Kampung Naga pada pilpres 2014 yaitu membantu mengarahkan dan menghimbau kepada masyarakat adat Kampung Naga supaya ikut serta berpartisipasi dalam pemilu dan supaya masyarakat tidak golput. Kuncen tidak memerintahkan masyarakat adat untuk memilih salah satu kandidat yang dicalonkan, tetapi jika kuncen condong pilihannya kepada salah satu kandidat, maka masyarakat adat ikut serta memilih calon yang dipilih kuncen karena masyarakat adat menganggap pilihan kuncen adalah pilihan yang terbaik yang akan memimpin Indonesia dan menjamin kehidupan masyarakat kedepannya lebih baik. Hal ini terjadi karena adanya kharisma seorang kuncen yang membuat masyarakatnya segan, percaya dan taat terhadap kuncen. Budaya politik seperti ini dikatakan sah dalam Islam karena mengandung asas keadilan dan konsep musyawarah, yaitu dengan adanya rasa kenyamanaan dan keadilan yang dirasakan oleh masyarakat adat. Hal ini menandakan budaya politik di Kampung Naga sesuai dengan apa yang diajarkan Islam. Kata kunci: Kampung Naga, kuncen, budaya politik dan khasrismatik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. AHMAD PATTIROY
Uncontrolled Keywords: Kampung Naga, kuncen, budaya politik dan khasrismatik.
Subjects: Politik Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Dec 2016 01:27
Last Modified: 14 Dec 2016 01:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22231

Actions (login required)

View Item View Item