QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Siti Rohmah NIM: 04410806, (2009) QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Quantum Learning merupakan sebuah program pembelajaran yang terbukti efektif untuk semua umur, metode tersebut adalah seperangkat metode dan falsafah belajar sebagai saran yang efektif dan efisien, untuk membiasakan belajar dengan nyaman dan menyenangkan dalam meningkatkan, mengelola dan mempertahankan kemampuan belajar sehingga diperoleh prestasi yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Quantum Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan hasil pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Quantum Learning di TK IslamPlus Mutiara Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif non statistik yaitu prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari key informan (informan kunci) yaitu kepala sekolah, guru dan siswa, sedangkan data sekunder diperoleh dari data-data yang diperoleh dari buku-buku, catatan administrasi, brosur, dan sumberlain yang relevan dengan pembahasan. Subjek penelitian ini adalah guru PAI, siswa dan kepala sekolah TK Islam Plus Mutiara Banguntapan Bantul Yogyakarta. Setelah melakukan analisa data kemudian mengecek keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yang dikenal dengan istilah “triangulasi data†yaitu proses untuk mengadakan pengecekan terhadap kebenaran data dengan cara membandingkannya dengan data yang diperoleh dari sumber lain. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan Quantum Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan teknik (1) pengkondisian lungkungan belajar, yang meliputi lingkunagn fisik dan lingkungan psikis, penumbuhan emosi positif, keterampilan belajar dan pengaturan waktu (2) metode yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Quantum learning yaitu: metode menyanyi, metode bermain, metode bercerita, metode demonstrasi, metode karyawisata, metode feild trip, metode tanya jawab, metode pembiasaan, metode pemberian tugas dan metode menghafal. (3) materi yang digunakan adalah aqidah, ibadah, akhlak, dan hafalan do’a-do’a, surat-surat pendek, hadits dan mahfudhot. (4) media yang digunakan dapat dikelompokkan berupa: media teknologi cetak, media alat peraga, alat-alat audio visual dan media dari masyarakat dan alam di sekitarnya. Sedangkan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Quantum Learning meliputi: Ranah kognitif meliputi penguasaan materi, ranah afektif yaitu kesadaran beragama, sedangkan ranah psikomotor yaitu perubahan pengamalan yang sesuai dengan nilai-nilai Agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Quantum Learning, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2224

Actions (login required)

View Item View Item