PENDIDIKAN NIKAH DALAM PEMBENTUKAN KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (STUDI ANALISIS DI KUA DAN BP4 KEC. GONDOMANAN, YOGYAKARTA)

AINA SUFYA FUAIDA, NIM. 1420311005 (2016) PENDIDIKAN NIKAH DALAM PEMBENTUKAN KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (STUDI ANALISIS DI KUA DAN BP4 KEC. GONDOMANAN, YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN NIKAH DALAM PEMBENTUKAN KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (STUDI ANALISIS DI KUA DAN BP4 KEC. GONDOMANAN, YOGYAKARTA))
1420311005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN NIKAH DALAM PEMBENTUKAN KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (STUDI ANALISIS DI KUA DAN BP4 KEC. GONDOMANAN, YOGYAKARTA))
1420311005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (715kB)

Abstract

Program pendidikan nikah digagas karena tingginya angka perceraian, banyaknya kasus kekerasan dalam rumah tangga, perlindungan anak, dan kesetaraan hubungan suami istri. Di Kecamatan Gondomanan Yogyakarta pendidikan nikah yang diselenggarakan oleh KUA dan BP4 Kecamatan Gondomanan meliputi kursus pra nikah, kursus calon pengantin, dan sarasehan pasca nikah. Pendidikan yang dilaksanakan tersebut diperlukan kajian mengenai kondisi keluarga masyarakat Gondomanan pada pengaruhnya dalam pendidikan nikah yang diselenggarakan oleh KUA dan BP4 Kecamatan Gondomanan tersebut. Oleh karena itu rumusan masalah yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pandangan masyarakat terhadap pelaksanaan pendidikan nikah di Kecamatan Gondomanan? 2) Apa saja problematika pelaksanaan pendidikan nikah di Kecamatan Gondomanan? 3) Apa pengaruh penddikan nikah terhadap keharmonisan rumah tangga masyarakat Kecamatan Gondomanan? Kerangka penelitian ini adalah mengetahui penerapan teori-teori dasar dalam pendidikan nikah yang meliputi teori keselamatan, teori kelekatan, dan teori ketahanan keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kombinasi kualitatif dan kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Kecamatan Gondomanan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif-analitik dengan pendekatan psikologis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan pengisian lembar kuisioner terhadap 30 responden. Analisis data kualitatif menggunakan model triangulasi dan analisis pada data kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Kecamatan Gondomanan mendukung penuh pelaksanaan program pendidikan nikah karena banyak manfaat yang mereka dapatkan. Faktor pendukung pelaksanaan meliputi: prestasi KUA tingkat Nasional, kualitas BP4 terstandar nasional, sumber daya manusia KUA dan BP4 yang memadahi, dan kerjasama yang baik antar instansi dengan masyarakat. Akan tetapi untuk mencapai hasil yang maksimal masih terkendala oleh faktor berikut: anggaran dana terbatas, belum terkadernya generasi muda pengurus BP4, antusias remaja kurang dalam menghadiri undangan, jam kursus belum terpenuhi, dan kurangnya sosialisasi program. Pendidikan Nikah memberikan pengaruh terhadap keharmonisan rumah tangga dalam: menjaga keselamatan relasi suami istri dengan mengajarkan cara berkomunikasi dan kontrol emosi yang baik sehingga keselamatan interaksi dan komitmen tetap terjaga, kelekatan hubungan anatara orang tua dan anak dengan memberikan pengetahuan mendidik anak dan menjadi orang tua yang baik sebagai figur lekat anak, serta meningkatkan ketahan keluarga dengan pengetahuan pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Mochamad Sodik, S.Sos.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Nikah, Keharmonisan Rumah Tangga, Kecamatan Gondomanan
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Oct 2016 08:17
Last Modified: 06 Oct 2016 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22243

Actions (login required)

View Item View Item