PENGGUNAAN TANAH WAKAF PEMAKAMAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM DI DUSUN DOGATEN, DESA SUKOREJO, KECAMATAN MERTOYUDAN, KABUPATEN MAGELANG (STUDY KOMPARASI ANTARA HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT)

DAVID ARDIYANTO NUGROHO, NIM 11360044 (2016) PENGGUNAAN TANAH WAKAF PEMAKAMAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM DI DUSUN DOGATEN, DESA SUKOREJO, KECAMATAN MERTOYUDAN, KABUPATEN MAGELANG (STUDY KOMPARASI ANTARA HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN TANAH WAKAF PEMAKAMAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM DI DUSUN DOGATEN, DESA SUKOREJO, KECAMATAN MERTOYUDAN, KABUPATEN MAGELANG (STUDY KOMPARASI ANTARA HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT))
11360044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN TANAH WAKAF PEMAKAMAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM DI DUSUN DOGATEN, DESA SUKOREJO, KECAMATAN MERTOYUDAN, KABUPATEN MAGELANG (STUDY KOMPARASI ANTARA HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT))
11360044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu cara yang digunakan hukum adat dan hukum Islam dalam memperoleh harta untuk kepentingan umat Islam adalah wakaf. wakaf ialah suatu perpindahan harta yang bermanfaat serta tahan lama, sehingga manfaat harta itu dapat digunakan untuk mencari keridhaan Allah SWT. Wakaf dalam hukum adat dan hukum Islam mempunyai kesamaan dan perbedaan di dalam teori serta prakteknya. Namun di sisi yang lain dapat kita jumpai berbagai polemik atau permasalahan yang timbul darinya. Fenomena di masyarakat banyak orang yang mewakafkan hartanya ke masyarakat atau desa yang berupa tanah makam yang sedia kalanya diperuntukkan untuk umat Islam, tetapi faktanya selain agama Islam diperbolehkan memakamkan mayat di tanah wakaf tersebut. Di sisi lain seseorang yang berkehendak untuk memakamkan mayatnya di tanah tersebut dikenakan biaya layaknya jual beli tanah pada umumnya. Hal ini menjadi sebuah persoalan tentang hakekat penggunaan tanah wakaf makam tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan analisis data secara kualitatif. Data tersebut diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang penyusun lakukan di daerah Dusun Dogaten secara langsung. Kemudian, untuk menarik kesimpulan dari data tersebut penyusun menggunakan pendekatan normatif yang bersifat deskriptif komparatif, yaitu dengan mencari ketentuan hukum wakaf dalam hukum Islam dan Adat Dogaten yang kemudian dianalisis dan dibandingkan antara keduanya apabila tanah wakaf tersebut digunakan sebagai pemakaman umum. Adapun metode analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis perbandingan, yaitu dengan membandingkan kedua konsep dan mencari titik temu dari kedua konsep tersebut. Oleh karena itu, penyusun menggunakan pendekatan uṣûl al-fiqh dan maqâṣid asy-syarî’ah sebagai kerangka teori untuk menemukan titik temu antara hukum Islam dan hukum Adat Dusun Dogaten tentang penggunaaan tanah wakaf sebagai pemakaman umum. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa antara kedua konsep hukum mempunyai sisi perbedaan dan kesamaan. Kesimpulan dalam tulisan ini, bahwa perbedaan yang mendasar dalam penggunaan tanah wakaf makam ialah bahwa hukum Islam tidak ada aturan yang bersifat komersial dan tanpa imbalan, yang pada hakekat tujuannya tidak lain hanya berniat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sedangakan dalam tradisi di dusun Dogaten kaitannya pemanfaatan tanah wakaf makam masih ada transaksi keuangan dan masih ada percampuran pemanfaatannya bagi agama selain Islam. Adapun persamaan dalam keduanya apabila dilihat dari teori maqâṣid asy-syarî’ah, yaitu: Bahwa hakikat suatu penggunaan tanah wakaf ialah tidak untuk kepentingan pribadi, namun penggunaan tanah wakaf makam tersebut untuk kepentingan umat atau orang banyak, di mana penggunaan tanah wakaf makam tersebut harus atas seizin dari pengurus makam supaya terdata dengan rapi. Keyword: Hukum Islam, Hukum Adat, Tanah Wakaf, Pemakaman Umum, Uṣûl al-fiqh, maqâṣid asy-syarî’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Fathorrahman, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, Hukum Adat, Tanah Wakaf, Pemakaman Umum, Uṣûl al-fiqh, maqâṣid asy-syarî’ah.
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Nov 2016 01:47
Last Modified: 23 Nov 2016 01:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22256

Actions (login required)

View Item View Item