MOTIVASI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QURAN DI MADRASAH ALIYAH AL MA'HAD AN NUR NGRUKEM BANTUL YOGYAKARTA

NAELI FITRIA HASAN NIM. 03410142-02, (2009) MOTIVASI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QURAN DI MADRASAH ALIYAH AL MA'HAD AN NUR NGRUKEM BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap motivasi siswa dalam menghafal al-Quran di MA Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul. Populasi penelitian ini adalah siswa MAU dan MAK Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul tahun pelajaran 2007/2008. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan pertimbangan bagi guru dan siswa unutk mengetahui motivasi siswa dalam menghafal alQuran dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar di madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MA Al Ma'had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif sebagai pendekatan utama dengan menggunakan pola fikir induktif dan analisis kuantitatif sebagai komplemen, yaitu untuk menganalisis dan memberikan penafsiran terhadap sekumpulan bahan yang berupa angka yang diolah dan disajikan dalam bentuk tabel prosentase. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Motivasi siswa dalam menghafal al- Quran di MA Al Ma’had An Nur antara lain karena keinginan diri sendiri utuk cepat hafal al-Quran, dukungan keluarga (baik ayah, ibu, kakak, adik atau yang lain), pengaruh saudara-saudara dekat, dorongan lingkungan dan karena tuntutan pemerintah (karena mendapat beasiswa dari pemerintah daerahnya). 2) Aktivitas siswa dalam menghafal al-Quran di MA Al Ma’had An nur ternyata tidak mengurangi prestasi belajar mereka di madrasah. Demikian halnya, kegiatan madrasah mereka secara umum tidak mengganggu aktifitasnya dalam menghafal al-Quran. Hal ini terbukti dengan indeks prestasi siswa dari beberapa materi pada semester gasal tahun ajaran 2007/2008 yang berkategori cukup baik. Hasil angket dan wawancara juga menunjukkan bahwa kegiatan menghafal al-Quran tidak mengganggu kegiatan belajar mereka di madrasah. 3) Faktor yang mendorong dalam menghafal al-Quran bagi siswa MA Al Ma’had An Nur adalah: faktor keluarga yang selalu mendukung dalam menghafal, kemauan sendiri, melihat teman yang sudah hafal, karena ingin cepat selesai dan ingin berdakwah di masyarakat. Sedangkan faktor yang menghambat adalah: faktor lingkungan yang tidak kondusif, faktor kesibukan, malas, diajak teman becanda atau main, faktor gangguan kesehatan dan faktor banyaknya ayat-ayat yang serupa sehingga menyebabkan mereka sulit menghafal al-Quran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Siswa, Menghafal, Al-Qur'an
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2227

Actions (login required)

View Item View Item