KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PADA KEBERAGAMAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) RUMAH CITTA YOGYAKARTA

VAVA IMAM AGUS FAISAL, NIM. 1420431010 (2016) KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PADA KEBERAGAMAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) RUMAH CITTA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PADA KEBERAGAMAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) RUMAH CITTA YOGYAKARTA)
1420431010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PADA KEBERAGAMAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) RUMAH CITTA YOGYAKARTA)
1420431010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latarbelakang masalah yang mendorong penelitian ini adalah pentingnya penggunaan bahasa dalam pembelajaran kerena bahasa merupakan titik sentral dalam mengkonstruksi pengetahuan. Penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran anak usia dini. Bagi Pendidik seharunya bisa menggunakan komunikasi efektif dalam menerjemahkan kegiatan pembelajarannya. Selanjutnya, ketertarikan terhadap bagaimana penerapan komunikasi efektif di sekolah inklusi yang notabene memiliki anak didik beraneka ragam Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pelaksanaan komunikasi efektif dalam pembelajaran anak usia dini di TK Rumah Citta Yogyakarta, (2) Mengetahui dampak aplikasi komunikasi efektif dalam pembelajaran anak usia dini di TK Rumah CittaYogyakarta (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari aplikasi komunikasi efektif dalam pembelajaran anak usia dini di TK Rumah Citta Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode penelitian kualitatif, datanya didapat melalui observasi untuk mengetahui data gambaran awal pelaksanaan komunikasi efektif , obsevasi lanjutan dan wawancara untuk mendapatkan data berkaitan dengan komunikasi efektif, dampak komunikasi efektif dalam pembelajaran, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan disimpulkan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan komunikasi efektif di TK Kecil dan TK Besar Rumah Citta Yogyakarta berjalan baik sesuai dengan harapan. Pelaksanaan komunikasi efektif yang ada di TK Rumah Citta diantaranya adalah dalam berkomunikasi dilakukan dengan semua anak tanpa membeda-bedakan, menggunakan kalimat tanya dan berita sebagai pembuka, mendengarkan ketika anak sedang bercerita, menghindari kata jangan dalam berbicara, menggunakan kata aku untuk mengutarakan pikirannya, melakukan komunikasi dengan posisi badan dan pandangan mata sejajar, memberikan kesempatan kepada anak untuk menyelesaikan ceritanya, dan menggunakan kalimat positif untuk memberi kesempatan kepada semua anak. Dampak pelaksanaan komunikasi efektif pembelajaran di TK Rumah Citta berpengaruh tertuju kepada tiga aspek yaitu diawali dari terbangun sikap positif yang bersumber dari siswa, pendidik dan orang tua. Sedangkan kendala yang dihadapi adanya keterbatasan pengetahuan anak, adanya perbedaan keinginan dan pengaruh lingkungan fisik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Karwadi,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Efektif, PembEalajaran Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Oct 2016 03:16
Last Modified: 06 Oct 2016 03:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22276

Actions (login required)

View Item View Item