PENGGUNAAN METODE BERCERITA DAN METODE KARYAWISATA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI RA AL HIDAYAH KECAMATAN WANAREJA KABUPATEN CILACAP

ISMAWATI SAFITRI, NIM. 1420431012 (2016) PENGGUNAAN METODE BERCERITA DAN METODE KARYAWISATA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI RA AL HIDAYAH KECAMATAN WANAREJA KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN METODE BERCERITA DAN METODE KARYAWISATA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI RA AL HIDAYAH KECAMATAN WANAREJA KABUPATEN CILACAP)
1420431012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN METODE BERCERITA DAN METODE KARYAWISATA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI RA AL HIDAYAH KECAMATAN WANAREJA KABUPATEN CILACAP)
1420431012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latarbelakang masalah yang mendorong penelitian ini bahwa penggunaan metode bercerita dan metode karyawisata dapat mengembangkan aspek sosial emosional pada anak usia dini, RAadalah tempat yang tepat untuk mengembangkan aspek sosial emosional pada anak usia dini. Oleh karena itu RA dijadikan wadah yang tepat untuk mengembangkan aspek sosial emosional pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pelaksanaan metode bercerita dan metode karyawisata dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di RA Al Hidayah Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap,(2) untuk menganalaisis hasil yang dicapai dari metode bercerita dan metode karyawisata dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di RA Al Hidayah Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap, (3) untukkeberhasilanpenerapan penggunaan metode berceritadanmetodekaryawisata dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di RA Al HidayahKecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, datanya didapat melalui observasi untuk mengetahui data awal penggunaan metode bercerita dan metode karyawisata, wawancara untuk mendapatkan data aspek perkembangan sosial emosional anak usia dini, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan disimpulkan. Dari analisis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, Penggunaan metode bercerita berhasil dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a) Guru menyiapkan alat-alat (b) Guru mengabsen anak-anak yang hadir (c) Guru menerangkan aturan/ tata tertib bercerita (d) Anak bercerita dan guru memperhatikan dan mengawasi. Kedua, Penerapan metode karyawisata di RAAl HidayahKecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap berhasil. Dengan penerapan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:(a) Menyiapkan semua peralatan dan bahan yang diperlukan sesuai dengan rencanakan, (b) Menentukan kelompokkelompok anak serta pembimbingnya, (c) Sebelum berangkat menuju sasaran karyawisata didahului membaca doa bersama, (d) Guru mengarahkan perhatian anak pada sasaran yang harus diamati yang merupakan bagian yang terkandung dalam tujuan dan tema yang sudah ditetapkan. Ketiga, Keberhasilan penggunaan metode bercerita dan metode karyawisata dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak usia dini dibuktikan dengan anak berkembang sesuai harapan sesuai dengan standar aspek perkembangan sosial emosional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Mahmud Arif, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Metode Karyawisata, dan Mengembangkan Sosial Emosional
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Oct 2016 03:21
Last Modified: 06 Oct 2016 03:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22277

Actions (login required)

View Item View Item