ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA MTS RAUDLATUL ULUM GUYANGAN TRANGKIL PATI KELAS VII TERHADAP MATERI PECAHAN PADA ILMU MAWARIS

Eko Deddy Santoso, NIM. 10600058 (2016) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA MTS RAUDLATUL ULUM GUYANGAN TRANGKIL PATI KELAS VII TERHADAP MATERI PECAHAN PADA ILMU MAWARIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA MTS RAUDLATUL ULUM GUYANGAN TRANGKIL PATI KELAS VII TERHADAP MATERI PECAHAN PADA ILMU MAWARIS)
10600058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA MTS RAUDLATUL ULUM GUYANGAN TRANGKIL PATI KELAS VII TERHADAP MATERI PECAHAN PADA ILMU MAWARIS)
10600058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa MTs kelas VII terhadap pecahan pada Ilmu Mawaris (Ilmu Faraidl) yang menimbulkan kelebihan atau kekurangan harta (Radd atau ‘Aul) bila di hitung dengan ketentuan Furud alMuqaddarah dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep siswa MTs kelas VII terhadap pecahan pada Ilmu Mawaris (Ilmu Faraidl) yang menimbulkan kelebihan atau kekurangan harta (Radd atau ‘Aul) bila dihitung dengan ketentuan Furud al-Muqaddarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Desain penelitian kualitatif ini mengacu pada Moleong (2007) yang meliputi: (1) tahap pra lapangan berupa menyusun rancangan penelitian, memilih lapangan, mengurus perijinan, serta menyusun instrumen penelitian, (2) tahap penelitian pemberian tes diagnostik serta wawancara, dan (3) tahap analisis data, yaitu mengolah data yang didapat dari lapangan sehingga peneliti dapat menjawab rumusan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati tahun pelajaran 2015/2016 pada siswa kelas VII A. dalam penalitian ini peneliti adalah sebagai instrumen utama yang dibantu dengan pedoman observasi, tes diagnostik, dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan: pemahaman konsep siswa kelas VII A terhadap materi pecahan pada ilmu mawaris menunjukkan bahwa siswa berada pada empat tingkatan yaitu: memahami, memahami sebagian konsep, miskonsepsi, serta tidak memahami dan faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep siswa kelas VII A terhadap materi pecahan pada ilmu mawaris adalah siswa masih menghafal algoritma perhitungan ketika menyelesaikan persoalan pembagian harta warisan (Tirkah) pada masalah Radd dan ‘Aul tanpa memperhatikan konsep pecahan (Saham dan Asal Masalah) serta referensi siswa yang masih kurang. Kata kunci : Pemahaman Konsep, Pecahan, Ilmu Mawaris (Faraidl), Tirkah, Furud alMuqadarrah, Saham, Asal Masalah, Radd, ‘Aul, Analisis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Pecahan, Ilmu Mawaris (Faraidl), Tirkah, Furud alMuqadarrah, Saham, Asal Masalah, Radd, ‘Aul, Analisis
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Oct 2016 01:10
Last Modified: 17 Oct 2016 01:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22286

Actions (login required)

View Item View Item