TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK DISTRIBUSI ZAKAT FITRAH SECARA MERATA DI DUSUN JATI DESA MAJENANG KEC. SUKODONO KAB. SRAGEN

MUH IHWANUDDIN, NIM. 12380037 (2016) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK DISTRIBUSI ZAKAT FITRAH SECARA MERATA DI DUSUN JATI DESA MAJENANG KEC. SUKODONO KAB. SRAGEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK DISTRIBUSI ZAKAT FITRAH SECARA MERATA DI DUSUN JATI DESA MAJENANG KEC. SUKODONO KAB. SRAGEN)
12380037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK DISTRIBUSI ZAKAT FITRAH SECARA MERATA DI DUSUN JATI DESA MAJENANG KEC. SUKODONO KAB. SRAGEN)
12380037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Zakat fitrah merupakan kewajiban yang melekat pada diri seorang muslim dan erat dengan ibadah puasa dan Bulan Ramadhan. Zakat fitrah bertujuan untuk mensucikan diri bagi orang-orang yang berpuasa dari perbuatan maupun ucapan kotor serta untuk menghindarkan kaum fakir dan miskin dari perbuatan memintaminta dan merasa kekurangan pada hari kemenangan yaitu hari raya „Idul Fitri. Kajian mengenai ketepatan maksud dari mustahiq zakat fitrah merupakan cara agar distribusi zakat fitrah dapat terlaksana sebagaimana mestinya. Praktik distribusi zakat fitrah yang terjadi di Dusun Jati Desa Majenang adalah distribusi zakat fitrah secara merata akan tetapi kadar jumlah yang diterima dari setiap kepala keluarga berbeda, dinilai menurut asnaf yang termasuk dalam setiap kepala keluarga berdasarkan ketentuan panitia zakat. Praktek tersebut tentu berseberangan dengan ketentuan hukum Islam karena zakat fitrah diprioritaskan kepada golongan fakir miskin sebagai penerimanya dan memungkinkan untuk dibagikan kepada delapan asnaf atas dasar kemaslahatan, sehingga pembahasan ini akan menyampaikan mengenai pelaksanaan distribusi zakat fitrah ditinjau dari pandangan hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah peneitian lapangan (field research), yaitu data yang diperoleh dari penelitian langsung di lapangan (masyarakat) terhadap praktek distribusi zakat fitrah secara merata dengan penekanan analisis terhadap pemahaman mustahiq zakat menurut panitia zakat di Dusun Jati Desa Majenang dengan pendapat para Ulama ahli fikih, serta mengenai skala prioritas terhadap golongan fakir dan miskin. Dalam mendapatkan data penyusun melakukan wawancara serta dokumentasi, lalu pendekatan yang penyusun gunakan adalah pendekatan normatif dan sosiologis dimana landasan dari pendekatan ini adalah Al-Quran dan hadis, pendapat para ulama serta melihat aspek sosiologis yang medasari terjadinya praktek distribusi zakat fitrah secara merata di Dusun Jati Desa Majenang. Berdasarkan metode yang digunakan kemudian dianilisis secara deduktif dengan menggunakan data kualitatif, menyimpulkan bahwa distribusi zakat fitrah secara merata di Dusun Jati Desa Majenang merupakan adat kebiasaan dimana tujuan dari adanya penerapan hukum tersebut adalah sebagai media dakwah dengan harapan mampu meningkatkan taraf keagamaan pada setiap warganya, selain itu terciptanya kemaslahatan serta keharmonisan hubungan antar warga dapat tercipta. Penerapan distribusi zakat fitrah secara merata merupakan bentuk adaptasi hukum sehingga dalam penerapannya melalui tahapan-tahapan dimana dalam menentukan hukum menuntut agar tetap disesuaikan dengan kehidupan sosial dalam masyarakat tanpa menyalahi ketentuan hukum Islam yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: ZUSIANA ELLY TRIANTINI, S.H.I, M.SI.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Oct 2016 08:01
Last Modified: 06 Oct 2016 08:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22297

Actions (login required)

View Item View Item